detikNews
Kamis 31 Oktober 2019, 16:45 WIB

Arahan Jokowi ke Menhan Prabowo: Jangan Sampai Impor Semuanya!

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Arahan Jokowi ke Menhan Prabowo: Jangan Sampai Impor Semuanya! Jokowi dan Ma'ruf Amin (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Dalam rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah menteri, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berbicara soal pertahanan. Ini arahan Jokowi soal pertahanan yang disampaikan dalam ratas.

"Termasuk di sektor pertahanan kita harus-betul betul memanfaatkan belanja di bidang pertahanan untuk terutama memacu industrialisasi industri-industri strategis di dalam negeri dan juga untuk memenuhi minimum essential force yang sudah kita targetkan," kata Jokowi di Istana Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).


Jokowi meminta tidak semua barang diimpor. Jokowi ingin industri pertahanan terus dikembangkan dari hulu ke hilir.

"Sedapat mungkin jangan sampai kita impor semuanya, tetapi harus di anggaran yang ada harus dimanfaatkan untuk pengembangan industri strategis dari hulu sampai ke hilir," sebut Jokowi.

"Kerja sama dengan BUMN, kerja sama dengan swasta terus dilakukan bahkan kita ingin agar produk-produk yang ada itu bisa kita ekspor," ucapnya.


Rapat terbatas yang dipimpin Jokowi itu juga dihadiri Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menpan RB Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, hingga Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Jokowi juga meminta ada upaya serius untuk menangkal radikalisme. Jokowi meminta Menko Polhukam Mahfud Md mengkoordinasikan penanganan masalah itu.


Simak juga video "Tak Diambil Prabowo, Berapa Sih Gaji Menteri Pertahanan?" :
(gbr/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com