detikNews
2019/10/23 17:49:40 WIB

Menafsir Makna Lesehan di Istana: Menteri Jokowi Adalah Pembantu

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menafsir Makna Lesehan di Istana: Menteri Jokowi Adalah Pembantu Presiden Jokowi bersama para menteri duduk lesehan. (Wahyu Putro/Antara Foto)
Jakarta - Presiden Joko Widodo mengenalkan dan melantik para menterinya dengan duduk lesehan di anak tangga (undak-undakan) Istana Merdeka, Jakarta. Cara mengenalkan menteri dengan lesehan ini dinilai mengandung makna simbolis. Apa maknanya?

"Ini simbolis. Lesehan itu sendiri memberi pesan kepada internal (sesama menteri dan kementerian) bahwa sesama menteri sama 'sederajat'," kata pakar analisis perilaku verbal dan nonverbal Handoko Gani saat dihubungi detikcom, Rabu (23/10/2019).


Handoko juga menjelaskan duduk lesehan ini juga memberi pesan kepada masyarakat bahwa menteri juga merupakan pembantu masyarakat. Masyarakat dianggap sebagai atasan presiden.

"Duduk lesehan juga memberi pesan penting kepada pihak eksternal (masyarakat) juga bahwa menteri harus menjadi 'pembantu masyarakat' dengan cara membantu presiden. Masyarakat dianggap 'atasan tertinggi' di atas presiden, yang sudah diatur lesehan di sentral dengan kursi lesehan," katanya.


Selain itu, dia mengatakan nomor urut pemanggilan tidak selaras dengan urutan baris tempat duduk. Menurutnya, barisan tempat duduk ini mengandung makna tertentu.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com