detikNews
2019/10/23 17:28:21 WIB

PPP soal Menag Baru: Kalau Masih Muslim Tak Jadi Soal

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
PPP soal Menag Baru: Kalau Masih Muslim Tak Jadi Soal Sekjen PPP Arsul Sani (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - PPP tak mempermasalahkan posisi Menteri Agama (Menag) di Kabinet Indonesia Maju tidak lagi dijabat oleh kadernya, melainkan diisi oleh Jenderal (Purn) Fachrul Razi. Penunjukan Menteri Agama yang bukan dari PPP disebut sebagai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk keluar dari pakem tradisional.

"Kan yang paling penting tentu karena negara ini mayoritas umat Islam ya, sepanjang Menteri Agamanya itu masih seorang muslim, ya tidak usah kita persoalkan juga. Itu kan ikhtiar Pak Jokowi untuk katakanlah keluar dari pakem-pakem tradisional," kata Sekjen PPP Arsul Sani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Menag di Kabinet Indonesia Kerja dijabat oleh Lukman Hakim Saifuddin, yang merupakan kader PPP. Arsul mengatakan partainya memang meminta kepada Jokowi agar diberi tantangan portofolio kementerian lain di luar pakem tradisional PPP, yaitu Kementerian Agama.

"Ini kan memang menyampaikan ke Pak Jokowi. 'Pak, kalau boleh memohon kami itu mbok ya diberi tantangan di portofolio yang lain', dan dikabulkan juga. Nggak tanggung-tanggung, Menteri PPN/Kepala Bappenas itu kan pos yang beratlah buat saya," ujar Arsul.


Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, yang saat ini menjabat Menteri PPN/Kepala Bappenas, diyakini Arsul dapat mengemban tugasnya dengan baik. Suharso disebutnya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan kementeriannya saat ini.

"Tapi ya kami meyakini bahwa Pak Suharso, karena memang background pendidikan beliau itu planologi, kemudian masternya dari sebuah universitas di Amerika yang cukup terkenal public policy, saya yakin beliau bisa. Dan beliau punya rekam jejak juga sebagai anggota parlemen dua periode kalau tidak salah pernah memimpin di Banggar, kemudian di komisi ya. Jadi saya rasa nggak asing soal itu," jelas Arsul.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com