detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 15:48 WIB

Gubernur Sulsel Ingatkan YOSS Tak Berpolemik soal Stadion Mattoanging

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Gubernur Sulsel Ingatkan YOSS Tak Berpolemik soal Stadion Mattoanging Stadion Mattoanging Sulsel/Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mengingatkan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) tak berpolemik dengan Pemprov soal Stadion Andi Mattalatta Mattoanging.

"Jujur saja, APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) saya kasih tugas untuk mengaudit (penggunaan Stadion Mattoanging), itu kan bisa menjadi masalah," ujar Nurdin di Jalan Andi Djemma, Makassar, Rabu (23/10/2019).

Nurdin mengatakan, Pemprov Sulsel bersama penegak hukum seperti Kejaksaan dan KPK sepakat soal Stadion Mattoanging yang sudah kembali menjadi aset Pemprov. Jika YOSS sebagai pengelola Stadion Mattoanging sebelumnya mengembalikannya secara baik ke Pemprov, maka masalah Pemprov dan YOSS akan selesai.


 Stadion Mattoanging Sulsel Stadion Mattoanging Sulsel Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom



"Tapi kalau kita mau buka-bukaan ya mungkin ini bahaya, karena kan kita tau ini sudah dikelola sekian lama, itu hak Provinsi, harusnya ada bagian provinsi di dalam (hasil pengelolaan)," katanya.

"Makanya saya bilang, ngeri kan kalau itu (masalah Stadion Mattoanging dibawah ke ranah hukum, makanya itu tidak kita lakukan," lanjutnya.

Nurdin meminta YOSS untuk duduk bersama Pemprov menyerahkan secara baik Stadion Mattoanging. Nurdin menegaskan, tidak ada penyelesaian lain selain Pemprov mengambil hak atas Stadion Mattoanging.

"Yang pasti itu hak milik Pemprov Sulsel, kita bongkar juga kita punya hak. Tapi kan tidak boleh seperti itu, makanya saya mengutus sekda supaya kita bicara bersama," paparnya.




Nurdin mempersilakan bila YOSS ingin membawa polemik Stadion Mattoanging ke ranah hukum. Namun dia mengingatkan konsekuensi dari pengelolaan Stadion Mattoanging selama ini di mana Pemprov Sulsel tidak mendapat bagian.

"Sekarang ini YOSS sudah mengelola (Stadion Mattoanging) sekian lama, saya berharap supaya ini diselesaikan secara kekeluargaan, saya tidak ingin ini diselesaikan di hadapan penegak hukum," tuturnya.


 Stadion Mattoanging Sulsel Stadion Mattoanging Sulsel Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom



Pantauan di Stadion Mattoanging, Pemprov Sulsel telah memasang plang pengumuman jika Stadion Mattoanging merupakan aset milik Pemprov. Pemprov juga memasang spanduk bertuliskan memohon dukungan pembangunan Stadion Mattoanging.

Nurdin pernah mengungkapkan jika Pemprov Sulsel tengah menganggarkan Rp 200 miliar untuk pembangunan Stadion Mattoanging.
(nvl/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com