detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 15:28 WIB

Cerita Menko PMK Muhadjir Baru Dipanggil Jokowi Jelang Pelantikan

Andhika Prasetia - detikNews
Cerita Menko PMK Muhadjir Baru Dipanggil Jokowi Jelang Pelantikan Muhadjir Effendy (Foto: Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Selama dua hari terakhir, tidak terlihat sama sekali Muhadjir Effendy ke Istana dalam rangka pemanggilan calon menteri Jokowi. Muhadjir mengaku baru diminta menghadap Jokowi hari ini jelang dilantik sebagai Menko PMK pagi ini.

"Karena saya punya background Muhammadiyah, ada etika pengambilan keputusan sifatnya kolektif, sehingga pagi saya diberitahu presiden menghadap, ya saya harus konsul dengan pimpinan. Itu biasa saja prosesnya," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).



Muhadjir baru muncul ke Istana pagi ini jelang perkenalan nama menteri Kabinet Indonesia Maju. Muhadjir ditekankan 2 arahan soal tugas barunya ini.

"Tadi presiden tekankan ada dua: penyediaan lapangan kerja dengan segala prasyarat dan termasuk pelatihan dan tempat pendidikan dan lapangan kerja harus sesuai dengan keahlian anak-anak kita. Kedua manajemen talenta," kata eks Mendikbud ini.



Salah satu fokus fungsi koordinasi di PMK pada periode ini adalah manajemen talenta. Muhadjir akan mendata daftar-daftar talenta tanah air.

"Kita akan data dan inventarisir talenta hebat dari anak Indonesia kemudian akan kita optimalkan, yang dia bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa," pungkasnya.




Pesan Muhadjir Effendy untuk Nadiem Makarim:

[Gambas:Video 20detik]




(dkp/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com