detikNews
2019/10/23 14:39:03 WIB

Kiprah Calon Kapolri Idham Azis, Moncer Bersama Tito Karnavian

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kiprah Calon Kapolri Idham Azis, Moncer Bersama Tito Karnavian Komjen Idham Azis (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Komjen Idham Azis menjadi calon tunggal Kapolri. Idham Azis akan menggantikan Tito Karnavian, yang baru saja menjadi Mendagri. Begini profil Idham selama berkarier di kepolisian.

Sebagaimana diketahui, Idham Azis merupakan calon tunggal yang tertera dalam Surat Presiden tentang Pengajuan Kapolri. Surat itu sudah diterima oleh DPR. Idham tinggal menunggu proses fit and proper test.


Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian pun sudah memperkenalkan Idham Azis di sela sertijab di gedung Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Idham Azis menyatakan kesiapan menjadi calon Kapolri.

"Ya saya tentunya siap menjalankan amanah ini, bismillahi tawakkaltu. Saya mohon doa restu karena pada mungkin minggu depan akan dilakukan fit and proper test. Saya saat ini sedang menyiapkan diri, dan prinsipnya saya siapkan (diri)," kata Idham di kantor Kemendagri.


Idham diketahui memang dikenal memiliki banyak kiprah di kepolisian. Lulusan Akpol pada 1987 ini dikenal punya banyak pengalaman di bidang reserse. Karier Idham di Polda Metro tercatat pernah di bagian reserse hingga kepala wilayah. Di antaranya Kapolres Jakarta Barat pada 2008 dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro pada 2009.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com