detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 14:32 WIB

Sertijab Menag, Lukman Serahkan Memori Jabatan ke Fachrul Razi

Isal Mawardi - detikNews
Sertijab Menag, Lukman Serahkan Memori Jabatan ke Fachrul Razi Sertijab Menag (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Jenderal (Purn) Fachrul Razi resmi dilantik sebagai Menteri Agama (Menag). Selepas dilantik, Fachrul langsung menuju kantor Kemenag untuk serah-terima jabatan dari Lukman Hakim Saifuddin.

Acara serah0terima jabatan (sertijab) itu dilakukan di kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Dalam acara itu, Lukman menyerahkan memori jabatan kepada Fachrul.

"Ini tradisi baru sebenarnya bahwa pergantian kepemimpinan di Kementerian Agama ini dilakukan dengan acara serah-terima jabatan. Yang penting adalah ada memori jabatan," ujar Lukman.



Lukman menjelaskan memori jabatan itu berupa bahan tertulis untuk pimpinan baru. Memori jabatan itu ditujukan untuk memudahkan kinerja Fachrul pada awal masa jabatannya.

"Ada bahan tertulis bagi pejabat baru untuk bisa dengan cepat memahami yang sedang dilakukan dan yang akan dilakukan sehingga dengan bahan tertulis memori jabatan itu setidaknya akan membantu memudahkan untuk bisa memahami apa yang telah dan sedang berlangsung sejumlah program yang sudah dilakukan, sedang dilakukan, dan akan dilakukan di masa yang akan datang," ujarnya.



Lukman menyebut memori jabatan itu terdiri atas 34 halaman dan 8 bab. Bab pertama, sebut Lukman, berkenaan dengan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities and threats).

"Saya akan menyerahkan memori jabatan, terdiri atas 34 halaman, terdiri atas 8 bab. Sengaja bab 1 kita awali dengan SWOT. Karena itu, Bapak sebagai jenderal pasti sangat familiar dengan analisis kekuatan kita, apa kelemahan kita, apa peluang-peluang yang kita miliki. Karenanya, sebelum bicara kepada bab-bab lain, bab pertama khusus bicara tentang SWOT dan tentu ada hal yang perlu menjadi perhatian khusus terkait anggaran di Kemenag. Terkait tolok ukur capaian-capaian yang sudah dirumuskan bersama dan sejumlah program-program yang selama ini kita sepakati sebagai program unggulan, antara lain terkait moderasi beragama," ujar Lukman.


Simak Video "Doa dan Harapan Netizen untuk Para Menteri Baru"

[Gambas:Video 20detik]


(isa/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com