detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 14:19 WIB

PKS dan NasDem Sumut Jajaki Koalisi Pilkada 2020

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
PKS dan NasDem Sumut Jajaki Koalisi Pilkada 2020 PKS dan NasDem Sumatera Utara (Sumut) semakin intens berkomunikasi menjelang Pilkada 2020. (Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan - PKS dan NasDem Sumatera Utara (Sumut) semakin intens berkomunikasi jelang Pilkada 2020. Kedua parpol menjajaki peluang untuk berkoalisi.

Ketua PKS Sumut Hariyanto bersama pengurus partainya mendatangi kantor Nasdem Sumut, Jalan Monginsidi, Medan, Rabu (23/10/2019). Mereka disambut Ketua NasDem Sumut Iskandar dan pengurus lainnya.

Dalam pertemuan tertutup sekitar satu jam, kedua parpol menyepakati sejumlah hal. Terutama peluang koalisi dalam Pilkada 2020, yang akan berlangsung di 23 kabupaten dan kota di Sumut.





"Mempertajam langkah apa yang dilakukan, kerja sama dalam politik, terutama menjelang kontestasi pilkada dan kerja sama di bidang lainnya," kata Iskandar seusai pertemuan.

Kedua pihak juga berencana membentuk tim kecil yang akan berfokus membicarakan kerja sama ini lebih detail.

Sementara itu, Hariyanto mengatakan, dalam pertemuan ini, mereka berupaya menyamakan persepsi menjelang Pilkada 2020. Selain itu, mereka memperkuat sinergi di parlemen.

"Karena di DPRD Sumatera Utara kita sama-sama memiliki fraksi, dan sama-sama memiliki wakil pimpinan, sehingga dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat," kata Hariyanto.

Pertemuan ini merupakan pertemuan kedua kalinya. Sebelumnya, pada awal Oktober, NasDem Sumut yang berkunjung ke kantor DPW PKS Sumut.

Tidak ada nama calon kepala daerah yang disebut dalam rencana koalisi ini. Namun kedua partai membuka peluang bila parpol lain ingin menjajaki koalisi di pilkada.




Video Saat Jadi Kader PDIP, Gibran Isi Formulir Pilkada Solo 2020:

[Gambas:Video 20detik]



(rul/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com