detikNews
2019/10/22 12:35:42 WIB

Bogor Masuk Peralihan Musim, Waspada Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bogor Masuk Peralihan Musim, Waspada Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir Foto: Sebaran perkiraan awal musim hujam di Jawa Barat. (Dokumentasi Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga Bogor)
Bogor - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut kawasan Bogor belum memasuki musim hujan, tapi memasuki musim peralihan. Warga diimbau waspada hujan disertai angin kencang.

Kasie Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga Bogor, Hadi Saputra mengatakan, masyarakat harus waspada saat musim peralihan ini. Sebab, hujan yang turun ketika musim peralihan, berbahaya.

"Waspada hujan lebat dalam waktu singkat, juga angin kencang, petir, hingga hujan es. Angin kencang, puting beliung akan banyak di masa-masa peralihan ini," kata Hadi ketika dihubungi, Selasa (22/10/2019).


Dia menjelaskan, angin kencang dan petir yang muncul ketika hujan di musim peralihan di Bogor karena awan cumulonimbus. Awan ini, katanya, selalu muncul ketika musim peralihan, baik saat kemarau ke hujan, atau sebaliknya.

"Diprediksi musim peralihan di Bogor ini sampai Oktober-November," lanjutnya.

Ketika musim hujan datang, kata Hadi, angin kencang dan petir tetap berpeluang muncul di Bogor. Namun, lanjutnya, intensitasnya tidak sebanyak ketika musim peralihan.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com