detikNews
2019/10/21 15:22:49 WIB

Pimpinan DPR Diundang Jokowi ke Istana, Bahas Nomenklatur Kabinet?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 1
Pimpinan DPR Diundang Jokowi ke Istana, Bahas Nomenklatur Kabinet? Ketua DPR Puan Maharani (Azizah/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memanggil para calon menterinya ke Istana. Di sela itu, pimpinan DPR juga diundang Jokowi. Bahas apa?

"Diundang oleh Presiden kepada pimpinan DPR yang sekarang ini untuk melakukan rapat konsultasi. Apa yang akan dibicarakan, saya belum tahu. Apa hasilnya, saya juga belum datang ke sana," kata Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Pimpinan DPR yang berangkat ke Istana siang ini dari Senayan adalah Puan bersama ketiga wakilnya, Aziz Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmat Gobel. Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar tak terlihat saat pimpinan DPR yang lain bertolak ke Istana.


Menurut Puan, ada kemungkinan Jokowi mengundang pimpinan DPR hari ini untuk berkonsultasi soal nomenklatur kabinet. Hal itu, kata Puan, juga dilakukan Jokowi pada awal periode pertamanya pada 2014.

"Pada tahun 2014 yang lalu saat ada perubahan nomenklatur Presiden periode 2014, Pak Jokowi juga, kemudian meminta pertimbangan kepada pimpinan DPR untuk melakukan perubahan nomenklatur, itu merupakan hak prerogatif dari Presiden," ujar Puan.

"Saya juga mendengar bahwa akan ada perubahan nomenklatur di periode kedua ini tahun 2019 ini. Namun, terkait kementerian mana dan apa yang akan dilebur, ya, saya kan belum datang ke sana, jadi belum tahu," imbuhnya.


Sementara itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengamini agenda rapat konsultasi dengan Jokowi hari ini akan membahas nomenklatur kabinet.

"Ya kita juga belum tahu agenda rapat konsultasi pada hari ini, tapi ada kemungkinan bahwa konsultasi yang dilakukan itu berkaitan dengan telah ditetapkannya kemarin komisi-komisi dan AKD, dan kemungkinan juga sinkronisasi soal nomenklatur yang akan ada beberapa perubahan yang seperti kita sudah dengar di banyak media massa," ucap Dasco.




Simak juga video Ditunjuk Jadi Menteri, Nadiem Makarim Bikin Heboh Warganet:

[Gambas:Video 20detik]




(azr/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com