detikNews
2019/10/21 11:39:48 WIB

Ada Rencana Demo BEM SI, Lalin ke DPR dan Istana Berlaku Normal

Mei Amelia R - detikNews
Halaman 1 dari 1
Ada Rencana Demo BEM SI, Lalin ke DPR dan Istana Berlaku Normal Ilustrasi Jalan depan Istana (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Indonesia (BEM SI) berencana menggelar unjuk rasa siang ini. Namun, hingga pukul 11.18 WIB siang ini, belum tampak kedatangan massa, baik ke arah DPR maupun Istana Negara.

Kasubdit Gagguk Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir mengatakan arus lalu lintas siang ini tetap berlaku normal. Nasir mengatakan arus lalu lintas Jalan Gatot Subroto ke arah DPR sudah dibuka sejak Minggu (20/10) malam setelah pelantikan presiden dan wakil presiden berakhir.

"(Lalin ke DPR) dibuka sejak pukul 22.30 WIB malam, semua jalan yang ditutup sudah dibuka dan dapat dilintasi," kata AKBP Nasir kepada detikcom, Senin (21/10/2019).

Begitu juga arus lalu lintas di sekitar kawasan Istana. Nasir mengatakan tidak ada penutupan arus lalu lintas di sekitar istana siang ini.


"Sekitar Istana juga dibuka sejak pukul 22.30 WIB malam," tuturnya.

Sebelumnya, rencana aksi BEM SI pada 20 Oktober dibatalkan. BEM SI menganggap pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih merupakan momen penting, sehingga tidak ingin menghalangi proses penting tersebut.

"Pelantikan pemerintahan baru, menjadi sebuah momen penting untuk mengubah arah bangsa. Kami memandang, bahwa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden merupakan momen penting, hasil dari proses demokrasi yang wajib kita hormati bersama," demikian keterangan Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Muhammad Nurdiyansyah, Minggu (20/10/2019).

"Oleh karenanya, upaya menghalangi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden bukanlah cara penyampaian pendapat yang bermartabat dan bagian dari demokrasi yang baik. Aliansi BEM Seluruh Indonesia pun, menegaskan bahwa kami tidak terlibat dalam setiap upaya penghalangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia" sambung Ketua BEM IPB ini.


(mei/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com