detikNews
2019/10/21 11:33:00 WIB

Bersihkan Sawah dengan Cara Dibakar, 2 Petani di Sumsel Ditangkap

Raja Adil Siregar - detikNews
Halaman 1 dari 1
Bersihkan Sawah dengan Cara Dibakar, 2 Petani di Sumsel Ditangkap Foto: Ilustrasi penangkapan. (Andhika Akbaryansyah-detikcom)
Palembang - Polres Banyuasin, Sumatera Selatan menangkap dua pelaku pembakar lahan persawahan. Lahan itu dibakar dan rencananya akan ditanami padi saat masuk musim tanam.

"Dua pelaku bakar lahan kami tangkap di daerah Banyuasin 1. Pelaku berjumlah dua orang," terang Kapolres Banyuasin AKBP Danny Sianipar saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (21/10/2019).


Kedua pelaku yakni Ahmadi (33) dan Otowarsito (32). Keduanya merupakan warga Durian Hijo, Banyuasin yang ditangkap anggota Polsek Mariana.

"Lahan itu persawahan untuk tanam padi saat musim hujan, itu juga lahan disewa. Tapi dibersihkan dengan cara membakar," kata Danny.

Penangkapan ini bermula dari anggota Polsek Mariana yang mendapat laporan dari warga dan langsung menuju lokasi. Kedua pelaku yang tengah membakar lahan itu langsung diamankan pada Minggu (10/10) pukul 10.00 WIB.


Selain kedua pelaku, polisi turut menyita barang bukti korek api dan sisa bakaran lahan. Kedua pelaku berikut barang bukti kini diamankan di Polsek Mariana untuk proses lebih lanjut.

"Karena kesalahannya itu menyebabkan kebakaran lahan dan terlampauinya baku mutu udara serta kerusakan lingkungan. Pasal yang disangkakan yaitu Pasal 108 Juncto 69 ayat 1 dan atau Pasal 98 ayat 1 UU 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup," katanya.
(ras/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com