detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 09:30 WIB

Tifatul Sembiring Diusulkan Kader PKS Jadi Calon Wali Kota Medan

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Tifatul Sembiring Diusulkan Kader PKS Jadi Calon Wali Kota Medan Tifatul Sembiring/Foto: dok. PKS
Medan - Tiifatul Sembiring disebutkan jadi salah satu sosok yang berpotensi dicalonkan PKS sebagai Wali Kota Medan untuk Pilkada 2020. Nama Tifatul diusulkan sejumlah kader PKS Kota Medan untuk maju dalam pilkada.

Namun, Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat DPD PKS Kota Medan, Rajuddin Sagala, menyatakan hingga kini mereka belum memutuskan siapa yang bakal diusung. Ia menyatakan nama-nama yang muncul di internal PKS akan melalui mekanisme penyaringan partai.


"Nama ini muncul dari usulan kader, dan juga dari pertemuan-pertemuan internal partai. Tetapi ini masih belum diputuskan, siapa yang akan diajukan untuk menjadi calon wali kota. Ada mekanismenya," kata Sagala kepada wartawan di Medan, Senin (21/10/2019).

Menurut Sagala, Tifatul sudah mengetahui saat ini dirinya diusulkan para kader PKS Kota Medan untuk maju sebagai cawalkot. Meski Tifatul belum memberikan respons, Sagala mengatakan tiap kader PKS harus siap dengan segala tugas yang diberikan partai.

"PKS itu, jika memang sudah diputuskan partai, kader akan menerima," kata dia.


Mengenai pengusungan di Pilkada 2020, PKS tidak bisa mengajukan calon sendirian. Mereka harus berkoalisi dengan partai lain. PKS pun ingin kader mereka menjadi calon wali kota.

Saat ini disebutkan PKS tengah melakukan lobi-lobi. Selain itu, dalam waktu dekat partai juga akan membuka pendaftaran secara resmi. Waktunya masih belum ditentukan.

Tifatul Sembiring, saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara 1. Mantan Presiden PKS ini sebelumnya
pernah menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.




Simak video KPK Geledah Kantor Wali Kota Medan, Sejumlah Dokumen Disita:

[Gambas:Video 20detik]



(rul/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com