detikNews
2019/10/21 05:04:51 WIB

Round-Up

Melihat Lagi Cara Jokowi Umumkan Menteri 5 Tahun Lalu

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Melihat Lagi Cara Jokowi Umumkan Menteri 5 Tahun Lalu Jokowi-Ma'ruf Amin (Foto: Rifkianto Nugroho-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bakal memperkenalkan menteri-menteri di kabinet periode keduanya hari ini. Lima tahun lalu, Jokowi punya cara tersendiri saat mengumumkan Kabinet Kerja bersama Wapres saat itu, Jusuf Kalla (JK).

Pengumuman Kabinet Kerja jilid I saat itu dilakukan di halaman Istana Negara, Jakarta, pukul 17.30 WIB, Minggu (26/10/2014) atau enam hari setelah Jokowi-JK dilantik.

Saat itu Jokowi yang berdiri dengan podium di tengah halaman Istana memanggil satu per satu para menteri pilihannya. Jokowi-JK beserta semua menteri yang dipilihnya kompak menggunakan pakaian putih-hitam.



Ada 34 orang menteri yang saat itu diumumkan Jokowi. 14 orang di antara mereka berasal dari parpol sementara 20 orang lainnya merupakan kalangan non-parpol.

Sebelum mengumumkan nama-nama menterinya, Jokowi turut melibatkan KPK dan PPATK. Saat itu Jokowi menyetorkan nama 43 calon menteri ke KPK dan 42 nama di PPATK untuk ditelusuri rekam jejaknya.

43 nama itu disetorkan ke KPK melalui Ketua Tim Transisi Rini Soemarno bersama Deputi Hasto Kristiyanto pada 17 Oktober 2014. Saat itu, Rini terlihat membawa berkas dalam amplop coklat ke KPK yang masih berkantor di gedung lama, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com