detikNews
2019/10/20 03:05:25 WIB

Kawanan Lumba-lumba Muncul di Kepulauan Seribu

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 1
Kawanan Lumba-lumba Muncul di Kepulauan Seribu Kawanan lumba-lumba muncul di perairan Kepulauan Seribu (Instagram @seribuislandsofficial)
Jakarta - Kawanan lumba-lumba kembali terlihat di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Lumba-lumba itu tampak jelas terlihat dari kapal karena air laut yang berwarna biru.

Kemunculan kawanan lumba-lumba ini diunggah di akun Instagram Sudin Pariwisata Budaya (Parbud) Kepulauan Seribu, @seribuislandsofficial.

"Sore ini di Kepulauan Seribu Utara (Dekat pulau Pamegaran - Pulau Harapan)," tulis Sudin Parbud Kepulauan Seribu seperti dilihat, Minggu (20/10/2019)


"yuk main ke Pulau Seribu.. kalau beruntung, kalian bisa ketemu langsung sama lumba-lumba lhooo" tambahnya.

Video tersebut diambil pada Jumat (18/10) sore. Dalam video tersebut, tampak ada sekitar sembilan ekor lumba-lumba yang berenang di dekat kapal perekam video.

Sebelumnya, kawanan lumba-lumba juga pernah muncul di perairan Kepulaun Seribu. Mereka menampakkan diri di sekitar perahu yang dinaiki anak-anak sekolah seperti terlihat dalam video yang diunggah ke Instagram lewat akun @aditya_ngihuy. Tampak ada sekitar 4 ekor lumba-lumba yang berenang bersama perahu yang ditumpangi anak-anak sekolah tersebut.


"Itu kemarin habis lomba di Pulau Panggang. Kemudian waktu pulang dari Pulau Panggang melihat ikan lumba-lumba itu," kata Kepala Seksi Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Ary Prabowo, saat dihubungi, Sabtu (31/3/2018).

Ary mengatakan lumba-lumba memang masih sering muncul di daerah perairan Kepulauan Seribu. Dia mengatakan munculnya lumba-lumba tersebut karena perairan di Kepulauan Seribu masih bersih. Selain lumba-lumba, di Kepulauan Seribu juga masih didapati hiu paus atau hiu tutul.

Sementara hiu paus atau hiu tutul (Rhincodon typus) terlihat di perairan Kepulauan Seribu pada akhir Oktober 2018. Video kemunculan hiu paus ini diunggah di akun Sudin Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, @sudin_lh_p1000. Petugas yang ada di atas kapal tampak gembira melihat kemunculan salah satu spesies ikan terbesar ini.



(jbr/abw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com