detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 19:06 WIB

Gubernur Nurdin Beberkan Strategisnya Sulsel Topang Ibu Kota Baru

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Gubernur Nurdin Beberkan Strategisnya Sulsel Topang Ibu Kota Baru Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah/Foto: Ari Saputra
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel)Nurdin Abdullah menyebut Sulsel sangat strategis lokasinya dengan ibu kota RI baru. Nurdin meminta DPRD mendukung pembangunan infrastruktur di Sulsel untuk menopang ibu kota baru.

"Terkait rencana pemindahan ibu kota negara, saya ingin menyampaikan kepada anggota dewan yang terhormat bahwa tahun ini betul-betul terwujud, maka Sulawesi Selatan akan mendapat peluang yang sangat besar baik dari sisi pertumbuhan ekonomi maupun pertumbuhan industri dan investasi," ujar Nurdin dalam sambutannya di Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sulsel dalam rangka peringatan hari jadi Sulsel ke-350 di gedung DPRD Sulsel, Makassar, Sabtu (19/10/2019).

Selain posisi Sulsel yang sangat strategis dari segi geografis, Sulsel juga memiliki kekayaan alam. Hal ini menurut Nurdin bisa menopang ibu kota RI baru di Penajam Paser Utara, Kaltim.

"Dari sektor pariwisata mulai dari pinggir pantai sampai puncak gunung kita memiliki potensi. Oleh karena itu izinkan saya untuk memohon dukungan kepada kita semua agar APBD tahun 2020 betul-betul kita menyentuh program-program strategis, program-program yang betul-betul akan mendorong percepatan pembangunan kita di Sulawesi Selatan," jelasnya.



Nurdin mengungkapkan, saat ini Pemprov Sulsel tengah membangun jalur segitiga emas antara Sulsel, Sulbar dan Sulteng. Pembangunan diawali dengan membangun jalur di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara.

"Seko ini yang akan menghubungkan kita dengan 3 provinsi yang kami sebut sebagai ini adalah segi tiga emas Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Barat. Luwu Raya juga harus mempersiapkan diri, karena akses ke Kalimantan akan sangat dekat," jelasnya.

Nurdin mengaku sudah dipanggil Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membahas penyelesaian pembangunan jalur di Seko.

Selain itu, memasuki pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi), Nurdin berharap proyek strategis nasional yang ada di Sulsel dapat segera selesai dan dilanjutkan pembangunan lainnya.


"Kita berharap kepemimpinan beliau di periode kedua dapat memberikan manfaat bagi pembangunan melalui percepatan beberapa proyek strategis nasional yang ada di Sulawesi Selatan seperti pembangunan bendungan, kereta api, dan masih banyak lagi," tururnya.

"Kita berharap agar pelantikan presiden dapat berjalan damai dan lancar sehingga stabilitas dan situasi yang kondusif akan hadir di negara kita, meningkatkan ketertarikan untuk investasi di Indonesia dan Sulawesi Selatan, serta target-target untuk pembangunan dan kesejahteraan dapat segera kita capai," ujar Nurdin.





Dear Pemerintah, Waspadai Isu Lingkungan yang Bisa Muncul di Ibu Kota Baru:

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com