detikNews
2019/10/19 11:06:13 WIB

Dukun yang Ritual Jelang Pelantikan Jokowi Pernah Ramal Prabowo Menang

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Dukun yang Ritual Jelang Pelantikan Jokowi Pernah Ramal Prabowo Menang Potret pengamanan di kompleks parlemen jelang pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Menjelang pelantikan Presiden Jokowi pada 20 Oktober 2019, viral di media sosial tentang seorang pria mengaku bernama Ki Sabdo menggelar ritual di DPR. Ki Sabdo mengaku memanggil bangsa jin untuk mengamankan pelantikan Jokowi.

Dalam video yang beredar itu Ki Sabdo tampak bersemedi di Gedung Nusantara V DPR. Oleh si perekam video, Ki Sabdo ditanya tentang apa yang dilakukannya.




"Apa yang saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual. Ini yang saya taruh di sini ini komplit sudah. Mulai Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan dan yang lain-lain. Jadi mantap sudah. Pak Jokowi pasti dilantik, nggak ada halangan. Nanti yang menghalangi ya itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya, saya yang beresin," ujar Ki Sabdo dalam video tersebut.

Ki Sabdo mengaku telah 'geladi bersih' dengan memanggil bangsa jin. Namun Pimpinan MPR sebagai yang punya hajat mengatakan koordinasi pengamanan hanya dilakukan Polri, TNI, dan BIN.

"Bukan dengan dukun atau ahli magis," kata Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Jumat (18/10/2019).

Dukun yang Ritual Jelang Pelantikan Jokowi Pernah Ramal Prabowo MenangTangkapan layar dari video yang viral saat Ki Sabdo menggelar ritual di DPR

Jazilul mengaku tidak tahu bagaimana Ki Sabdo bisa masuk ke DPR untuk menggelar ritual. Namun baginya DPR sebagai rumah rakyat memang bisa dimasuki siapa saja.

"DPR sebagai rumah rakyat siapapun bisa masuk, terkadang petugas kurang teliti menanyakan maksud dan tujuan tamu yang masuk," ujar Jazilul.

Namun rupanya pada tahun 2014 sosok yang mengaku bernama Ki Sabdo itu pernah pula memberikan ramalan. Apa ramalannya?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com