detikNews
2019/10/18 18:54:12 WIB

RI Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Komnas HAM: Dukungan Kami Tak Gratis

Rolando - detikNews
Halaman 1 dari 2
RI Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Komnas HAM: Dukungan Kami Tak Gratis Beka Ulung Hapsara. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Indonesia terpilih menjadi Anggota Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mewakili negara-negara Asia-Pasifik. Komnas HAM mendukung pencalonan RI di PBB, tapi tidak gratis.

"Ketika kami dapat informasi bahwa Indonesia akan mencalonkan diri sebagai Anggota Dewam HAM PBB, Komnas HAM langsung bersikap mendukung pencalonan itu. Tentu saja dukungan itu tidak gratis, karena kami juga mengajukan beberapa syarat," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019)

"Yang pertama adalah bahwa ada perbaikan kondisi penghormatan perlindungan penegakan hak asasi manusia di Indonesia dan itu juga termasuk juga penyelesaian pelanggaran HAM yang berat," sambungnya.

Syarat kedua, Komnas HAM bicara soal perbaikan politik HAM di Indonesia. Contoh yang disampaikan Beka antara lain terkait kewenangan Komnas HAM hingga soal anggaran.

"Yang kedua adalah ngomong soal bagaimana memperbaiki juga politik HAM di Indonesia, misalnya apa? Misalnya ngomong kewenangan Komnas, anggaran Komnas diperbesar, itu salah satu indikator dari banyak indikator yang lain soal politk atau kemudian peningkatan, perbaikan, politik HAM di Indonesia," ujar Beka.

"Yang ketiga, ketika kami mendukung juga meminta kepada Indonesia untuk ikut aktif dalam soal-soal penyusunan atau penciptaan kondisi secara internasional sesuai dengan standart dan norma hak asasi manusia. Misalnya kayak Rohingya atau yang lain," sebutnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com