detikNews
2019/10/17 15:15:28 WIB

Arsul Sani: Saya Dengar Presiden Tak Tandatangani UU KPK

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 2
Arsul Sani: Saya Dengar Presiden Tak Tandatangani UU KPK Foto: Sekjen PPP Arsul Sani (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Eks panja Revisi UU KPK, Arsul Sani mengaku mendengar kabar Presiden Joko Widodo tidak menandatangani UU KPK baru yang sudah disahkan DPR. Namun Arsul belum bisa memastikan, karena belum mengonfirmasi ke Plh Menkum HAM Tjahjo Kumolo.

"Ini soal UU KPK, kabar yang saya dengar, karena saya belum sempat mengonfirmasikan kepada Pak Plh Menkum HAM, bahwa Pak Presiden tidak menandatangani UU tersebut," kata Arsul kepada wartawan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2019).



UU KPK baru setelah disahkan dalam sidang paripurna DPR 17 September 2019, secara otomatis berlaku meski tak ditandatangani oleh Presiden. Berlakunya UU tersebut terhitung 30 hari setelah disidangkan, tepatnya hari ini. Dengan demikian, KPK bekerja dengan serangkaian aturan yang baru.

Untuk saat ini Dewan Pengawas belum terbentuk. Namun Arsul menegaskan, kerja KPK tetap berjalan normal, salah satunya melakukan penyadapan.

"Jadi per hari ini belum ada Dewas, KPK boleh melakukan penyadapan, berdasarkan ketentuan dan SOP yang berlaku di internal KPK. Setelah nyadap ditemukan dan OTT, diperbolehkan saja," kata Arsul.





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com