detikNews
2019/10/17 12:19:28 WIB

Jokowi Tak Sulit Temukan Menteri, Bagaimana soal Perppu KPK?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jokowi Tak Sulit Temukan Menteri, Bagaimana soal Perppu KPK? Presiden Joko Widodo (Dok. Biro Pers Setpres).
Jakarta - Menjelang pelantikannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak kesulitan dalam menemukan menterinya. Namun hal ini tak berlaku dalam hal penerbitan Perppu KPK. Jokowi hingga saat ini belum menerbitkan Perppu KPK.

Sebagaimana diketahui, di akun Instagram, Jokowi mengunggah foto gagang telepon disertai kalimat 'sabar sebentar lagi' saat berbicara tentang nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Jokowi menegaskan susunan kabinet sudah rampung.


Jokowi juga menyebut para calon menterinya itu terserak di semua bidang, dari kalangan akademisi hingga santri. Presiden terpilih 2019-2024 ini mengaku tak sulit menemukan mereka.

"Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka," kata Jokowi dalam unggahan yang di-posting pada Kamis (17/10/2019).

Pengangkatan menteri sedianya memang merupakan hak prerogatif Presiden. Hal ini diatur dalam UUD 1945 Pasal 17 ayat 2 disebut bahwa menteri-menteri itu diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Tanpa perlu persetujuan DPR.


Lantas bagaimana dengan penerbitan Perppu KPK? Jokowi belum memberikan jawaban terkait hal ini. Sedangkan UU KPK yang baru, hari ini sudah mulai berlaku.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com