detikNews
2019/10/15 17:07:11 WIB

Berawal dari 2013, Begini Proses Bus Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Halaman 1 dari 2
Berawal dari 2013, Begini Proses Bus Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta Bus TransJakarta merek Zhongtong (Wilda/detikcom)
Jakarta - Kembalinya bus TransJakarta merek Zhongtong ke jalanan Jakarta ternyata berawal dari proses sejak tahun 2013. Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) selaku operator bus itu menjelaskan prosesnya.

Pada 2013, Perum PPD sudah meneken kontrak untuk mendatangkan puluhan bus Zhongtong ke Jakarta. Namun, kala itu, ada kendala yang membuat bus-bus tersebut tak bisa langsung melayani warga Ibu Kota.

"(Tahun) 2013 ya. Karena spesifikasi tidak sesuai dengan aturan menteri perhubungan pada saat itu, ini masih berproses," kata Dirut Perum PPD, Pande Patu Yasa, di Pool PPD, Jl Raya Bekasi, Jakarta Timur, Selasa (15/10/2019).


Karena PPD tak bisa menyerahkan bus Zhongtong ke TransJakarta tepat waktu, masalah ini kemudian dibawa ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) pada 2016. Putu mengatakan awalnya pihak TransJakarta meminta pembayaran denda keterlambatan sekitar Rp 56 miliar.

Berawal dari 2013, Begini Proses Bus Zhongtong Mengaspal Lagi di JakartaDirut Perum PPD, Pande Putu Yasa (Wilda/detikcom)

Dua tahun berselang, putusan BANI keluar pada Juli 2018. Putu mengatakan PPD wajib membayar denda sebesar 50 persen dari tuntutan dan pihaknya menyanggupi hal itu.

"Pada saat itu karena armadanya sudah ada di Indonesia sehingga proses untuk pengoperasian kita tindak lanjuti segera," ucapnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com