detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 12:25 WIB

Polri Sebut Abu Zee cs Siapkan Aksi Teror di Solo dan DIY

Audrey Santoso - detikNews
Polri Sebut Abu Zee cs Siapkan Aksi Teror di Solo dan DIY Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Penangkapan Syahrial Alamsyah (SA) alias Abu Rara, pria yang menusuk Menko Polhukam Wiranto, menguak jaringan kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di berbagai wilayah serta rencana-rencana aksi teror mereka. Jaringan JAD Bekasi pimpinan Abu Zee, yang menaungi Abu Rara, akan melancarkan serangan teror di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Solo.

"Hasil pemeriksaan oleh Tim Densus, bahwa pengantin bom bunuh diri sudah disiapkan untuk melaksanakan aksi teror nanti di Solo dan DIY," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom, Selasa (15/10/2019).

Dedi menyebutkan rencana penyerangan teror disampaikan anggota JAD di Jawa Tengah (Jateng) kepada Abu Zee. Sementara kelompok Abu Zee di Bekasi telah bersiap melakukan aksi teror di Ibu Kota.


"JAD Jateng (yang akan menjadi pengantin bom), tapi mereka memiliki jaring komunikasi juga ke kelompok Abu Zee dengan master mind-nya yang ditangkap di Jambi," jelas Dedi.

"Abu Zee ini komunikasi terstruktur di media sosial, dia cukup aktif. Kelompoknya dia yang 8 orang yang berencana akan melakukan serangkaian aksi teror di Jakarta dengan menggunakan bahan bom TATP yang dirakit," sambung Dedi.

Untuk diketahui, pada Senin (23/9), Mabes Polri merilis penangkapan 9 terduga teroris oleh Densus 88 Antiteror di wilayah Bekasi, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Satu di antara sembilan terduga teroris berinisial AZ alias Abu Zee yang ditangkap di Tambun, Bekasi.

Terduga teroris pertama yang ditangkap yakni SN pada pukul 05.35 WIB di Tambun, Bekasi dan yang kedua adalah Abu Zee di Tambun Selatan, Bekasi. Penangkapan berlanjut ke terduga teroris H, IG, AR dan S yang meruapkan istri AR di wilayah yang sama.


Selanjutnya, Densus 88 Antoteror menangkap AS ditangkap di Bekasi Utara, MA alias Muri di Cilincing Jakarta Utara, dan terakhir I di Jakarta Barat.

"Tersangka Muri di Cilincing barang bukti yang disita high explosive, cukup banyak dan sudah akan dirakit dan rencananya digunakan saat dia akan amaliyah. Saat ini Densus 88 masih melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut," ungkap Dedi saat itu.



Tonton juga video Densus 88 Antiteror Tangkap Terduga Teoris di Cirebon:

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com