detikNews
2019/10/15 07:31:55 WIB

Prabowo Gerilya, Demokrat Bisa Gigit Jari

Deden Gunawan, Ibad Durohman - detikNews
Halaman 1 dari 5
Prabowo Gerilya, Demokrat Bisa Gigit Jari Foto: Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Istana (Biro Pers Setpres)
Jakarta - Seminggu sebelum pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden, 20 Oktober 2019, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto gencar bergerilya ke sejumlah pimpinan partai politik pendukung pasangan Jokowi-Maruf Amin.

Minggu (13/10/2019) malam, Prabowo menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Padahal sebelumnya, kubu NasDem disebut yang paling getol mengganjal Gerindra untuk bergabung dengan kabinet yang disusun Jokowi.


Setelah mendatangi Surya Paloh, mantan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) itu merencanakan bertemu Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Pertemuan dengan Cak Imin telah berlangsung Senin (14/10).

Pertemuan dengan Surya Paloh itu hanya beberapa hari setelah Prabowo bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta, 11 Oktober 2019. Dalam pertemuan yang kedua pasca pilpres itu, Jokowi dan Prabowo membicarakan beberapa hal, termasuk kemungkinan masuknya Gerindra ke dalam kabinet mendatang.

"Berkaitan dengan masalah koalisi, tapi ini untuk urusan saat ini belum final tapi kami tadi sudah bicara banyak mengenai kemungkinan Partai Gerindra untuk masuk ke koalisi kita," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/10/2019).



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com