detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 05:56 WIB

Temui Ketum Pro-Jokowi, Prabowo Disebut Pastikan Porsi Strategis Gerindra

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Temui Ketum Pro-Jokowi, Prabowo Disebut Pastikan Porsi Strategis Gerindra Foto: Prabowo dan Cak Imin (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto aktif bertemu pimpinan partai koalisi pro Joko Widodo (Jokowi) belakangan ini. Langkah Prabowo disebut-sebut sebagai upaya memastikan Gerindra mendapat porsi strategis di dalam pemerintahan.

Adalah pengamat politik Rico Marbun yang menyatakan hal tersebut. Menurutnya, Prabowo dan seluruh partai politik di parlemen telah membentuk sebuah 'koalisi besar'.


"Saya melihat sebenarnya koalisi besar ini sudah terbentuk. Bukan hanya oleh Prabowo, tapi seluruh partai. Tanda-tandanya dimulai dari perubahan MD3 dengan semua fraksi di MPR mendapat posisi wakil ketua MPR, bahkan partai yang katanya oposisi saja seperti PKS dan PAN juga mendapatkan dan tren ini berlanjut ke pengesahan UU KPK, faktanya semua partai setuju," kata Rico Marbun kepada wartawan, Senin (14/10/2019) malam.

Temui Ketum Pro-Jokowi, Prabowo Disebut Pastikan Porsi Strategis GerindraFoto: Rico Marbun (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)

Dalam kurun waktu kurang dari seminggu, Prabowo telah bertemu dengan Jokowi, Ketum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin secara berurutan. Menurut Rico, langkah Prabowo ini hanyalah pelengkap saja.

"Langkah Prabowo yang sekarang agresif menemui ketua-ketua partai koalisi Jokowi sebenarnya hanyalah langkah pemanis di ujung jalan koalisi besar," kata Rico.


Direktur eksekutif lembaga survei Median itu menyebut memang ada kecenderungan Jokowi untuk mengajak semua kekuatan politik bergabung di pemerintahannya mendatang, termasuk merangkul Prabowo. Akan tetapi, Rico mengatakan Prabowo juga mengusung 'misi' saat bertemu dengan pemimpin partai koalisi Jokowi.

"Ini strategi Jokowi untuk memastikan jalannya pemerintahan kedua tidak akan seberat pertarungan pilpres sehingga semua kekuatan politik diajak masuk ke dalam. Hanya saja tentu langkah Prabowo dengan komunikasi langsung ke tokoh-tokoh partai untuk memastikan ada porsi strategis yang bisa dibagi ke Gerindra dan tidak hanya diambil oleh partai pendukung Jokowi di pilpres," ulas Rico.


Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan tak ada maksud lain dari Prabowo selain bersilaturahmi dengan pimpinan partai koalisi Jokowi. Dia menyebut Prabowo siap bekerja demi merah putih di manapun posisi Partai Gerindra nantinya.

"Belum dan tidak, belum memutuskan akan bergabung atau oposisi. Kalau bahasa Pak Prabowo, di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan beliau dan Partai Gerindra akan tetap bekerja untuk kepentingan merah putih," tutur Dahnil saat dihubungi, Senin (14/10) malam.




Temui Cak Imin, Prabowo Umbar Kedekatan di Antara Keduanya:

[Gambas:Video 20detik]





(gbr/azr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com