detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 23:23 WIB

Bupati Luwu Timur Jemput Warganya yang Mengungsi dari Wamena di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Bupati Luwu Timur Jemput Warganya yang Mengungsi dari Wamena di Makassar Warga Sulsel tiba di Pelabuhan Makassar setelah mengungsi dari Wamena, Papua, Senin (14/10/2019). (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar -

Bupati Luwu Timur (Lutim), Sulsel, Muhammad Thoriq Husler datang ke Pelabuhan Soekarno-Hatta, Jl Nusantara, Makassar. Husler menjemput langsung sekitar 100 warga yang mengungsi dari Wamena, Papua.

Pantauan detikcom di lokasi, Husler yang ditemani sejumlah stafnya menunggu kedatangan warganya di pelabuhan sejak pukul 21.30 Wita, Senin (14/10/2019). Saat rombongan pengungsi tiba pada pukul 23.03 Wita, Husler langsung menyapa warganya.



Selanjutnya, para warga Lutim diarahkan ke area tersendiri di pelabuhan. Disediakan juga 3 bus untuk membawa mereka ke kampung halamannya.

"Di Wamena dan sekitarnya ada sekitar 400-an warga saya di sana. Saya memang minta pemerintah di sana untuk mendaftarkan warga saya sehingga kami bisa cek berapa yang sudah tiba dan berapa yang masih ada di sana," ujar Husler saat ditemui di sela-sela evakuasi warganya ke bus.

Husler mengatakan, pihaknya juga menyediakan fasilitas kesehatan berupa 1 unit ambulans lengkap dengan tenaga medis. Para petugas medis ini bertugas mengawal perjalanan rombongan ke Lutim yang memakan waktu sekitar 16 jam lamanya.

"Saya pikir kami sudah lengkap. Asupan kami sudah siapkan, konsumsinya, tenaga kesehatan, ambulans siap untuk mengawal dalam perjalanan," terangnya.

Setiba di Lutim, lanjut Husler, pihaknya menyiapkan prosedur yang memastikan warganya yang berstatus pelajar agar tetap bisa bersekolah.

"Kami jamin dia tetap sekolah, dia harus tetap sekolah. SD, SMP, SMA, begitu tiba, langsung kita suruh daftar di tempat terdekatnya," ujar dia.

 Bupati Luwu Timur (Lutim), Sulsel, Muhammad Thoriq Husler menjemput warganya yang mengungsi dari Wamena, Senin (14/10//2019) Bupati Luwu Timur (Lutim), Sulsel, Muhammad Thoriq Husler menjemput warganya yang mengungsi dari Wamena, Senin (14/10//2019). (Hermawan Mappiwali/detikcom)



"Kami juga menyediakan berbagai macam permainan, koordinasi dengan (pemerintah) tingkat desa, kecamatan, dan ormas terkait untuk bagaimana bisa menghilangkan trauma dari tempat asalnya di sana," sambung Husler.

Informasi sementara yang diterima detikcom di lokasi, malam ini sedikitnya terdapat 860 pengungsi Wamena yang tiba di Pelabuhan Makassar. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke berbagai daerah asal di Sulsel.




(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com