detikNews
2019/10/13 23:41:57 WIB

Mendikbud Dorong Indonesia Jadi Negara Super Power Kebudayaan

Rolandi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mendikbud Dorong Indonesia Jadi Negara Super Power Kebudayaan Mendikbud, Muhadjir Effendu, berpakaian Papua. (Rolando)
Jakarta - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mendorong Indonesia menjadi negara super power kebudayaan. Menurutnya, hal ini untuk menunjukan Indonesia dapat diperhintungkan dunia internasional.

"Itu makanya kita betul-betul mendorong force agar kebudayaan Indonesia ini segera berkembang sedemikian rupa sehingga bisa dihitung, bisa diakui kekuatan kita sebagai super power kebudayaan seperti yang disebut oleh salah satu UNESCO itu bisa terealisasi," kata Muhadjir, usai melepas Pawai Kedigdayaan Nusantra, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (13/10/2019).



Salah hal yang mendorong Indonesia menjadi negara super power kebudayaan menurut Muhadjir adalah gelaran Pekan Kebudayaan Nasional. Dia mengatakan akan terus meningkatkan budaya Indonesia yang memiliki watak khas.

"Oh iya pastilah, akan terus kita tingkatkan, kita kapitalisasi, betul-betul menjadi kekuatan yang bisa diandalkan Indonesia ini kekuatan budaya. Sehingga amanah trisakti ya, jadi saya kira sangat tepat, saya kira kebudayaan itu harus betul-betul memiliki watak yang khas, kepribadian tertentu, untuk bisa hadir kuat di level dunia. Kalau tidak ada ciri khas, tidak kuat, tidak ada karakter yang kuat, saya kira kebudayaan akan tidak bisa dihitung atau tidak akan dihitung dalam percaturan dunia," ujaranya.

Muhadjir lalu menjawab alasan baru digelarnya Pekan Kebudayaan Nasional pada tahun ini. Dia berharap Pekan Kebudayaan Nasional yang dijadikan agenda rutin pada tahun berikutnya lebih maksimal.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com