detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 18:48 WIB

Peringati Pertempuran Lima Hari, Pemkot Semarang Tutup 5 Ruas Jalan

Adinda Purnama Rachmani - detikNews
Peringati Pertempuran Lima Hari, Pemkot Semarang Tutup 5 Ruas Jalan Foto: Pemkot Semarang
Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan mengadakan upacara peringatan Pertempuran Lima Hari di Bundaran Tugu Muda. Dengan begitu, pemerintah setempat akan menutup jalan protokol menuju Bundaran Tugu Muda mulai pukul 17.00-22.00 selama dua hari pada 13-14 Oktober 2019.

"Karena jalan yang menuju Bundaran Tugu Muda akan ditutup total pada hari Minggu dan Senin besok, maka kepada warga masyarakat diimbau untuk menggunakan jalur alternatif lain guna menghindari terjadinya kemacetan," ucap Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Semarang Wing Wiyarso, dalam keterangan tertulis, Jumat, (11/10/2019).


Adapun ruas jalan yang ditutup meliputi ruas jalan utama Jalan Pandanaran (Simpang Kyai Saleh-Depan Holland Bakery), Jalan Dr Sutomo (Kampung Pelangi-Jl Hos Cokroaminoto-Gereja Katedral), Jalan Soegijapranoto (Depan LP Wanita-Wisma Perdamaian), Jalan Imam Bonjol (Simpang Indraprasta-Udinus), dan Jalan Pemuda (Paragon-Jalan Simpang). Adapun pengalihan arus jalan Indraprasta yang sebelumnya searah dibuat dua arah dan Jalan Hos Cokroaminoto sebelah Pasar Bulu menuju arah Barat.

Wing menambahkan, rencananya upacara peringatan ini akan dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Forkopimda Jawa Tengah, Forkopimda Semarang dan pejuang veteran. Selain itu, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan upacara peringatan ini, Dinas Perhubungan Kota Semarang telah menyediakan lokasi parkir untuk VIP di Gereja Katedral, VVIP di Wisma Perdamaian dan pengunjung di DP Mall atau Pasar Bulu,


Sebagai informasi, nantinya dalam upacara tersebut akan terdapat rangkaian acara kegiatan mulai dari penembakan tunggal, penembakan rentetan, pembacaan cukilan sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang oleh Budayawan, dan drama teatrikal Pertempuran Lima Hari di Semarang. Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dalam peringatan kali ini akan ada acara penganugerahan Semarang Award kepada pelaku sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang.


Simak juga video "Pesawat Tempur TNI AU Terlibat 'Pertempuran Sengit' di Langit Lumajang" :

[Gambas:Video 20detik]


(akn/prf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com