detikNews
2019/10/11 16:13:50 WIB

Urutan Aksi Abu Rara-Fitria, Tusuk Wiranto hingga Ditendang Kapolda

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Halaman 1 dari 2
Urutan Aksi Abu Rara-Fitria, Tusuk Wiranto hingga Ditendang Kapolda Foto: Momen saat Wiranto ditusuk. (dok. Istimewa).
Jakarta - Syahrial Alamsyah alias Abu Rara mengajak istrinya, Fitria melakukan amaliyah terkait insiden penusukan Menko Polhukam Wiranto. Mereka berbagi tugas dalam menjalankan aksi terornya.

Aksi teror Abu Rara terpicu karena ditangkapnya kelompok JAD Bekasi pimpinan Fazri Pahlawan alias Abu Zee Ghuroba beberapa waktu lalu. Abu Rara lalu mengajak istrinya melakukan persiapan perbuatan amaliyah.

"Dia komunikasi dengan pihak istrinya, 'kita harus persiapan kita melakukan Amaliyah, kita tinggal menunggu waktu'," ungkap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2019).

Lalu Abu Rara mendengar soal kedatangan seorang pejabat yang lokasinya tak jauh dari kediamannya. Kedatangan Wiranto itu lah yang kemudian dijadikan momen bagi Abu Rara melakukan aksi amaliyah.


"Kebetulan pada saat itu ada kapal, istilahnya helikopter itu kapal. Ada kapal nih mau mendarat, masyarakat banyak berbondong-bondong menuju alun-alun eh nggak tahu siapa. Tapi itu sasaran kita, langsung kita menuju alun-alun, langsung secara spontan menuju alun-alun," jelas Dedi.

Kepada istrinya, Abu Rara mengatakan akan menyerang pejabat yang datang dengan heli tersebut. Dia lalu memerintahkan Fitria untuk menyerang polisi.

"Dia menceritakan kepada istrinya nanti saya akan menyerang bapak yang turun dari heli, kamu nanti langsung menusuk ya anggota polisi yang dekat yang siapa aja yang kamu ketemukan dengan bapak itu," kata Dedi menirukan ucapan Abu Rara.

Jarak rumah kontrakan Abu Rara dengan alun-alun Menes tempat heli Wiranto diparkir hanya sekitar 300 meter. Dedi menyatakan, Abu Rara bersama istri mendekati sasaran dengan membawa anaknya.

"Tapi beberapa kali dihalau oleh aparat kepolisian setempat, tidak boleh mendekat, tapi tetap maksa mendekat masuk ke kelompok masyarakat yang sedang bersalaman dan minta foto selfie, secara mendadak langsung melakukan serangan kepada Pak Wiranto. Tapi yang kena pertama duluan adalah Haji Fuad," ucapnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com