detikNews
2019/10/10 13:09:02 WIB

Pembangunan Ulang Kampung Akuarium Diminta Tak Ganggu Cagar Budaya

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pembangunan Ulang Kampung Akuarium Diminta Tak Ganggu Cagar Budaya Foto: Kampung Akuarium dipotret Rabu (9/10/2019) (Laras Devi Rachmawati/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membangun kembali permukiman Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Tim Sidang Pemugaran DKI Jakarta menyebut Anies perlu memikirkan agar cagar budaya tetap terjaga dan tidak kembali kumuh.

"Bagaimana cagar budaya terjaga dan kemudian permukiman itu bisa tumbuh baik tidak kumuh lagi," ujar Ketua Tim Sidang Pemugaran DKI Jakarta Bambang Eryudhawan saat dihubungi, Kamis (10/10/2019).

Bambang menyebut pihaknya telah melakukan diskusi terkait pembangunan Kampung Akuarium. Menurutnya, perlu ada jalan tengah agar cagar budaya di kawasan tersebut tetap terjaga.

"Terakhir sebenarnya diskusinya begini, kita mencoba mencari jalan tengah. Kalau hunian itu tetap harus ada di sana dipastikan ada bagian yang ada bekas akuarium itu gedung penelitian yang punya LIPI dulu itu kan ada situsnya tuh, nah situs itu tetap terjaga," kata Bambang.



Bambang menilai perlu juga diadakannya ruang terbuka hijau. Hal ini agar terjadi keseimbangan dan dapat digunakan untuk area anak-anak.

"Mungkin bisa dijadikan ruang terbuka. Kan toh bagaimana juga perkampungan butuh ruang terbuka kan. Jadi kita harus cari keseimbangan," tuturnya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com