detikNews
2019/10/10 11:27:15 WIB

Profil Emil Salim, Profesor Usia 89 Tahun yang Ditunjuk-tunjuk Arteria

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Profil Emil Salim, Profesor Usia 89 Tahun yang Ditunjuk-tunjuk Arteria Emil Salim (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Emil Salim ditunjuk-tunjuk oleh Arteria Dahlan saat berdebat soal Perppu UU KPK. Emil adalah sosok profesor yang kaya pengalaman politik pemerintahan negara ini.

Dilansir dari situs Universitas Indonesia, Kamis (10/10/2019), Emil bergelar Profesor, Master of Arts (MA), dan Doctor of Philosophy (PhD). Emil sudah duduk di pemerintahan sejak era Presiden Soeharto.



Emil lahir di Lahat, Sumatera Selatan, saat Republik Indonesia belum berdiri. Dia lahir pada 8 Juni pada 89 tahun silam. Saat perang kemerdekaan berkobar, dia menjadi Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Indonesia (IPPI) Sumatera Selatan sekaligus Ketua Tentara Pelajar Palembang (1946-1949). Dia juga pernah menjadi Ketua IPPI Bogor dan anggota Korps Mobilisasi Pelajar Siliwangi.

Dia adalah Profesor ilmu ekonomi dari Universitas Indonesia yang meraih gelar PhD ilmu ekonomi dari Universitas California (Berkeley Campus) Amerika Serikat. Gelar Doktor Honoris Causa dianugerahkan kepadanya oleh Universitas Kebangsaan Malaysia tahun 1994.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com