detikNews
2019/10/10 10:28:54 WIB

TN Tambora: Kebakaran Dipicu Api dari Pembersihan Lahan Warga

Faruk Nickyrawi - detikNews
Halaman 1 dari 2
TN Tambora: Kebakaran Dipicu Api dari Pembersihan Lahan Warga Foto: Kebakaran di kawasan Gunung Tambora (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Dompu - Balai Taman Nasional Gunung Tambora (BTNGT) menyebut terbakarnya hutan dan lahan di kawasan Tambora dipicu oleh rembesan api dari aktivitas masyarakat. Aktivitas yang dimaksud yakni pembersihan lahan pertanian dengan cara membakar di sekitar kawasan Tambora.

Kepala Tata Usaha Taman Nasional Gunung Tambora, Deny Rahardy, mengatakan bahan bakar berupa sabana yang mengering dan daun-daun di hutan membuat api cepat merembes.

"Motif terbakar itu terjadi karena kemarau panjang dan didukung melimpahnya bahan bakar berupa sabana yang mengering, daun di lantai hutan dan dipicu oleh api yang tertiup angin akibat aktivitas masyarakat membersihkan lahan di sekitar taman," ungkap Deny pada detikcom, Kamis (10/10/2019). Deny memberikan keterangan setelah Kepala Balai BTNGT Murlan Dameria Pane menugasinya.


Kembali ke Deny, dia mengatakan kebakaran cepat meluas karena angin kencang ditambah kondisi cuaca panas yang tengah melanda kawasan tersebut.

"Kebakaran tersebut lebih cepat meluas karena faktor angin yang cukup kencang di area sabana yang terbuka," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com