detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 09:39 WIB

Sebut Emil Salim Sesat, Profil Wikipedia Arteria Dahlan Sempat Diedit Netizen

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sebut Emil Salim Sesat, Profil Wikipedia Arteria Dahlan Sempat Diedit Netizen Foto: Arteria Dahlan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Politikus PDIP Arteria Dahlan dan ekonom Emil Salim terlibat debat panas tentang Perppu KPK dalam acara Mata Najwa kemarin malam. Usai acara tersebut, Arteria mendapat banyak kritik hingga berujung vandalisme profilnya di laman Wikipedia.

Dilihat detikcom, Kamis (10/10/2019), profil Arteria Dahlan di Wikipedia sempat diedit seseorang, entah siapa orang itu, dengan menambahkan embel-embel 'bacot'. Orang tak bertanggung jawab itu menuding Arteria sebagai politikus yang gila hormat. Begini bunyinya:


Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H.B.A.C.O.T adalah seorang tukang bacot pengacara dan politisi yang gila hormat di Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.Yak pokoknya buat keluarga beliau.. SABAR aja ya.. Gua yang bukan siapa-siapa aja malu apalagi kalian.. Sabar ya...

Sebut Emil Salim Sesat, Profil Wikipedia Arteria Dahlan Sempat Diedit NetizenFoto: Tangkapan layar profil Arteria Dahlan di Wikipedia yang sempat diedit (Dok. Istimewa)

Saat ini, profil Arteria di Wikipedia sudah kembali normal. Namun, tampilan di Google masih memunculkan versi 'Arteria Bacot' itu.

Wikipedia lewat akun Twitter meminta para netizen tidak melampiaskan kekesalan dengan mengedit profil seseorang di laman mereka. Wikipedia merasa dirugikan.


"Wikimin tidak mengerti kenapa Wikipedia yang harus menjadi sasarannya. Toh, bukan ybs. pembuat artikelnya dan yang jelas dirugikan adalah kami. Masa bodoh wikimin dikatakan tidak seru karena tidak lucu. Melucu memangnya selalu harus merugikan pihak lain? Bhay." cuit Wikipedia.

Dikonfirmasi, Arteria Dahlan tak mempermasalahkan vandalisme profilnya di Wikipedia. Menurutnya, negara ini menganut demokrasi.

"Nggak apa-apa, ini di iklim demokrasi ya, di iklim demokrasi kan orang boleh ngomong apa aja, berpendapatlah apa aja. Kan sekarang sudah kelihatan ya, kelihatannya gimana, siapa yang melakukan penzaliman, gitu lo," kata Arteria Dahlan.


Simak Video "Menag Tanggapi Komentar 'Bangsat' Arteria"

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com