detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 09:28 WIB

Buya Syafii Harap Ada Menteri dari Muhammadiyah, Istana: Sah-sah Saja

Eva Safitri - detikNews
Buya Syafii Harap Ada Menteri dari Muhammadiyah, Istana: Sah-sah Saja Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Jakarta - Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii, berharap kader Muhammadiyah kembali diangkat menjadi menteri di periode kedua kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi). Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan keputusan di tangan Presiden Jokowi.

"Ya lagi-lagi ini presiden punya kewenangan, sebagai senior, sebagai tertua di Muhammadiyah tentu beliau punya pertimbangan sendiri kalau mengusulkan itu kepada Pak Presiden, namanya juga usulan toh," ujar Ngabalin kepada wartawan, Kamis (10/10/2019).

Kendati demikian, Ngabalin tak mempermasalahkan harapan tersebut. Dia mengatakan siapapun bisa membuat usulan. Namun, keputusan tetap berada di tangan Presiden Jokowi.

"Itu sah-sah saja, tak ada masalah, siap saja bisa mengusulkan, tapi yang punya keputusan kan bapak presiden karena beliau yang memiliki hak prerogatif mengangkat dan memberhentikan menteri, tapi kalau dalam kapasitas sebagai matan Ketua Muhammadiyah, dan sebagai profesor, piawai didengar kata katanya ya alhamdulillah," tuturnya.


Sebelumnya Buya Syafii mengatakan hal tersebut saat ditanya soal kader Muhammadiyah menjadi Mendikbud. Namun, menurutnya, kader Muhammadiyah juga patut dipertimbangkan menjadi Menteri Sosial dan Menteri Kesehatan.

"Ya (Mendikbud) dan (menteri bidang) sosial, kesehatan juga bisa," tuturnya.

Lebih lanjut, Buya Syafii mengatakan penunjukan menteri sepenuhnya hak prerogatif presiden. Namun dia menyebut kader Muhammadiyah siap membantu jika ditunjuk sebagai menteri.

"Ya itu yang memutuskan presiden, ya mudah-mudahanlah, karena Muhammadiyah itu bergumul di pendidikan lebih dari satu abad ya patut dipertimbangkanlah orang Muhammadiyah," ujarnya.


Simak Video "Pemuda Muhammadiyah Harap Pemilihan Menteri Tak Hanya Fokus dari Parpol"

[Gambas:Video 20detik]


(eva/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com