detikNews
2019/10/10 08:43:19 WIB

Ketua MPR Usul Pelantikan Jokowi Pukul 2 Siang, Ini Respons Istana

Eva Safitri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ketua MPR Usul Pelantikan Jokowi Pukul 2 Siang, Ini Respons Istana Foto: Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. (Noval-detikcom)
Jakarta - Istana menyambut baik usulan pimpinan MPR agar agenda pelantikan presiden-wakil presiden terpilih 2019-2024 digelar pada pukul 14.00 WIB. Sebab, kata Istana, penentuan waktu pelantikan merupakan kewenangan MPR.

"Ya itu kan kewenangan MPR, yang menyidang melantik dan mengambil sumpah MPR, jadi kalau ibarat Pak Jokowi dan Maruf Amin itu kan pengantin jadi mana saja yang tepat," ujar Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Kamis (10/10/2019).


Ngabalin pun memahami pertimbangan-pertimbangan untuk menentukan jadwal pelantikan. Menurut dia, alasan pengunduran waktu itu sangat rasional, sehingga aktivitas masyarakat juga tidak akan terganggu.

"Tapi kan kalau pertimbangan MPR, Mas Bambang kalau pagi itu pukul 10.00 saudara kita kristian dan katholik ke gereja itu kan bagus pertimbangannya. Kemudian pagi itu mungkin ada yang dia car free day atau sedang olahraga itu, kan rakyat Indonesia harus bergembira kalau presidennya dilantik, jadi bagus sekali itu pertimbangan yang sangat rasional dan luar biasa, ini awal yang bagus bagi MPR dalam memulai masa persidangan mereka," jelasnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com