detikNews
2019/10/09 22:07:28 WIB

Anwar Ibrahim Kenang Habibie: Teknokrat, Negarawan dan Cinta ke Ainun

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 1
Anwar Ibrahim Kenang Habibie: Teknokrat, Negarawan dan Cinta ke Ainun Foto: Eks PM Malaysia Anwar Ibrahim (tengah) di kediaman almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. (Dwi-detikcom)
Jakarta - Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato' Seri Anwar Ibrahim mengenang sosok almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Anwar menyebut Habibie merupakan seorang teknocrat scientists yang bekerja dengan hati nurani.

"My first impression, Habibie bukan seorang politis. Dia technocrat scientists, tapi dia gerak dari hati nurani," ujar Anwar di kediaman almarhum Habibie di Jalan Patra Kuningan XII, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019).


Anwar mengatakan Habibie memiliki obsesi terhadap teknologi, ilmu dan sains. Anwar mengaku sebagai seorang aktivis kemanusiaan, dirinya terpengaruh dengan sudut pandang sains Habibie.

"Saya bicara dengan Habibie dia obsesinya teknologi, ilmu dan sains yang sangat diperlukan oleh bangsa. Sebagai seorang aktivis yang banyak bicara soal kemanusiaan, saya terpengaruh dari sudut science yang saya yakin harus diberi pendekatan juga," tuturnya.


Anwar menyebut di akhir hayatnya, Habibie memberikan kesan tentang kerukunan dalam keluarga. Serta, mengajarkan cinta dan kasih sayang yang jarang dicontohkan oleh negarawan.

"Dia seorang negarawan tetapi di akhir hayatnya memberikan suatu kesan tentang kerukunan hidup keluarga, kecintaan dan kasih dengan yang luar biasa terhadap Ainun," kata Anwar.

"Soal kerukunan hidup yang jarang dalam sejarah negarawan ini memberikan pendekatan dan akhirnya soal nilai kerohanian. Bahwa kamu hebat kamu ada kuasa, apa yang dipunya pada akhirnya kamu akan menemui Allah," tuturnya.
(dwia/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com