detikNews
2019/10/09 17:57:04 WIB

Tentang Ustaz Abdul Somad yang Ceramahnya Sering Dibatalkan Panitia

Abdul Jalil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tentang Ustaz Abdul Somad yang Ceramahnya Sering Dibatalkan Panitia Ustaz Abdul Somad (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Untuk kesekian kalinya ceramah Ustaz Abdul Somad tiba-tiba dibatalkan oleh panitia. Dalam sepekan ini saja ada dua panitia membatalkan agenda ceramah ustaz kelahiran Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977 itu, yakni di Kudus, Jawa Tengah dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.



Di Kudus, Jawa Tengah dari poster yang sudah beredar awalnya Ustaz Abdul Somad (UAS) mengisi tablig akbar di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Al Achsaniyyah Jalan Mayor Kusmanto, Desa Pedawang, Kecamatan Bae. Tablig Akbar akan mengambil tema, "Urip Iku Urup".

"Ya hadir kunjungan saja, tapi tablig akbar ditiadakan," kata Pengasuh Ponpes Al Achsaniyyah Kudus, KH Moh Faiq Afthoni.

Pada hari yang telah dijadwalkan, UAS memang datang ke Kudus. Namun dia tak jadi mengisi tablig akbar. UAS hadir dalam lelang lukisan karya santri Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Al Achsaniyyah dan ziarah makam Sunan Kudus.


Ini bukan pertama kali pengajian UAS dibatalkan di kota kretek tersebut. Tahun 2018 agenda ceramah Ustaz lulusan S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Maroko tahun 2008 itu juga dibatalkan.

Dalam waktu hampir bersamaan, Rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta juga membatalkan kuliah umum Ustaz Abdul Somad yang rencananya akan digelar pada akhir pekan ini, Sabtu 12 Oktober 2019.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Aryani mengatakan alasan pembatalan tersebut adalah untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM. Menurut dia ada ketidakselarasan antara acara dan pembicaranya.

Selain dua agenda tersebut hari ini juga beredar kabar pembatalan agenda ceramah Ustaz Abdul Somad di Amsterdam, Belanda. Penundaan ceramah Ustaz Abdul Somad oleh panitia sudah sering terjadi.

Akhir Agustus lalu misalnya, ceramah Ustaz Abdul Somad di Siantar terkait peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah juga dibatalkan. Sebab waktu yang dimiliki Ustaz Abdul Somad yang saat itu juga mengisi pengajian di Masjid Agung Pardagangan, Simalungun tak cukup untuk menuju Siantar dalam waktu singkat.

Tahun-tahun sebelumnya juga beberapa kali terjadi panitia membatalkan agenda ceramah Ustaz Abdul Somad. Misalnya, di Semarang, Malang, Solo, Boyolali, Jombang, dan Kediri.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com