detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 17:02 WIB

Polisi Tunggu Pemberitahuan BEM SI soal Aksi di Pelantikan Jokowi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi Tunggu Pemberitahuan BEM SI soal Aksi di Pelantikan Jokowi Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar demonstrasi di hari pelantikan presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amien 20 Oktober nanti. Bagaimana tanggapan polisi?

"Kami tunggu pemberitahuannya dulu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Kamis (9/10/2019).

Sementara Argo belum mau berbicara soal rencana pengamanan terkait agenda aksi tersebut. Argo menegaskan pihaknya masih menunggu perkembangan selanjutnya.

"Kita lihat nanti," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, BEM SI berencana turun ke jalan di hari pelantikan Jokowi pada Minggu, 20 Oktober 2019. Koordinator BEM SI Wilayah Se-Jabodetabek Banten, Muhammad Abdul Basit atau Abbas, mengatakan pihaknya akan menyampaikan poin yang sama saat demo beberapa waktu lalu.


"Kalau kemarin kita sudah konsolidasi juga di Kalimantan. Dan hasilnya, kita mengawal pelantikan presiden. Kita aksi di pelantikan. Tidak ada bahasan di tanggal 14 Oktober. Kita akan tetap tuntut presiden sama seperti tuntutan sebelumnya, salah satunya menerbitkan Perppu KPK juga," tutur Abbas.

Sementara itu, kelompok mahasiswa lainnya mengancam akan turun ke jalan apabila Jokowi tidak segera mengeluarkan Perppu KPK hingga 14 Oktober nanti.

"Kita mendesak negara membuat adanya agenda jajak pendapat antara negara, presiden, dengan mahasiswa sampai 14 Oktober," ucap salah seorang perwakilan mahasiswa bernama Dino Ardiansyah di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10) lalu.



Simak juga video "Hendropriyono Minta Pengganggu Pelantikan Jokowi Ditangkap" :

[Gambas:Video 20detik]


(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com