detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 14:27 WIB

Puan Usul F-PDIP DPR Ambil Komisi Kesehatan-Pendidikan

Mochamad Zhacky - detikNews
Puan Usul F-PDIP DPR Ambil Komisi Kesehatan-Pendidikan Foto: Puan Maharani (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta - Fraksi PDIP DPR RI menggelar rapat untuk mendengar masukan anggota terkait alat kelengkapan dewan (AKD), termasuk komisi, hari ini. Anggota Fraksi PDIP Puan Maharani mengusulkan agar mereka mengambil komisi yang membidangi pendidikan dan kesehatan.

"Yang pasti, yang saya usulkan yaitu komisi yang sesuai dengan PDIP, berdekatan dengan rakyat. Kemudian kalau saya minta usul, karena saya dulu Menko PMK yang selalu berhubungan dengan bidang kerakyatan, mensos-mensos, ya kemungkinan itu ada (Komisi) 8, 9, 10, pendidikan," kata Puan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).


Puan menjelaskan soal formasi pimpinan AKD dari PDIP tetap akan ditentukan oleh sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Dia mengingatkan bahwa seluruh anggota Fraksi PDIP bertanggung jawab kepada rakyat.

"Kalau di PDIP secara posisi tentu saja itu kewenangan Ketua DPP partai dan ketua umum. Jadi siapa yang ditunjuk, punya tanggung jawab seperti apa, yang pasti tanggung jawab dan kewajibannya itu adalah untuk bisa bermanfaat demi kepentingan rakyat ke depan," terang Ketua DPR itu.


PDIP dipastikan akan mendapatkan 4 kursi pimpinan AKD, termasuk komisi, dan 14 wakil ketua. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berharap susunan AKD DPR sudah terbentuk dalam waktu dekat.

"Sebelum 20 diharapkan sudah terbentuk semua," ujar Hasto di gedung BEI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (7/10).


Simak Video "Cak Imin Duduki Kursi Bekas Fahri Hamzah, Aziz Isi Kursi FadliZon"

[Gambas:Video 20detik]


(zak/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com