detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 11:02 WIB

Pengungsi Wamena Minta Menko Polhukam Bantu Proses Evakuasi

Saiman - detikNews
Pengungsi Wamena Minta Menko Polhukam Bantu Proses Evakuasi Menko Polhukam, Panglima TNI, dan Kapolri tatap muka dengan pengungsi Wamena di Timika. (Saiman/detikcom)
Timika - Pengungsi dari Wamena di Timika meminta Menko Polhukam Wiranto membantu para pengungsi dievakuasi. Para pengungsi memilih dievakuasi karena masih trauma pulang ke Wamena.

Daud Bunga, perwakilan pengungsi dari suku Toraja, menyatakan pengungsi yang ada di Timika tinggal ratusan orang. Pihaknya meminta pihak pemerintah, dalam hal ini Menkopolhukan, tetap memfasilitasi pengungsi untuk pulang ke kampung halaman.

"Saya minta Bapak Menteri untuk memfasilitasi pengungsi yang tersisa, mereka masih trauma, biar menenangkan pikiran dulu di kampung, " Kata Daud di hadapan Wiranto saat tatap muka dengan pengungsi di Timika, Papua, Rabu (9/10/2019).



Atas permintaan itu, Wiranto menyatakan pihaknya akan berupaya memfasilitasi kepulangan warga, tapi ia meminta warga mencoba kembali ke Wamena karena situasi sudah aman.

"Tapi sekarang kan sudah aman, kalau mau kembali ke Wamena kami sudah jamin keamanan di sana, tapi kalau mau pulang ya kami nanti usahakan, " kata Menko menjawab Daud.

Kunjungan Menko Polhukam, Panglima TNI, dan Kapolri ke Timika ini untuk memastikan keamanan di Papua. Panglima TNI, Kapolri, dan Menko Polhukam telah melakukan dialog dengan tokoh paguyuban-paguyuban di Wamena dan Jayapura terkait peristiwa rusuh.




Tonton juga video Saksi Mata: Kerusuhan Picu Gelombang Eksodus di Wamena:

[Gambas:Video 20detik]




(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com