detikNews
2019/10/09 06:45:30 WIB

Round-Up

Gerindra 'Menolak' Menhan, Sreg Kursi Mentan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gerindra Menolak Menhan, Sreg Kursi Mentan Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Gerindra pusing bukan kepalang mendengar isu Ketum Prabowo Subianto bakal jadi Menhan. Usut punya usut, ternyata Gerindra lebih sreg dengan kursi Mentan.

Gerindra mengaku tak mengajukan satu pun nama menteri ke Jokowi. Yang diajukan adalah konsep pemerintahan terutama menyangkut ketahanan pangan dan energi.



Nah kalau gagasan Gerindra disetujui, bukan tak mungkin kursi menteri yang bakal dipercayakan Jokowi ke Gerindra ialah Menteri Pertanian. "Ya kalau diterima ya mungkin pos itu (Menteri Pertanian) yang diberikan. Kan kami juga nggak bisa juga, kan ini hak prerogatif Presiden, kami juga kan nggak bisa kemudian minta-minta 'pak, harus Gerindra, itu harus Gerindra' kan nggak bisa. Itu kalau kita konsepnya diterima," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Gerindra memang punya kedekatan dengan bidang pertanian. Dalam kampanye Pilpres 2019 lalu, Prabowo juga kerap mengangkat isu seputar ketahanan pangan dan energi. Prabowo juga pernah menjadi Ketua HKTI. Kini jabatan Ketua HKTI di tangan Fadli Zon. Selain Fadli, ada nama lain yang diisukan bakal jadi Mentan dari Gerindra yakni Waketum Edhy Prabowo yang kini duduk di Komisi IV DPR.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com