detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 16:41 WIB

Gerindra Incar 4 Pimpinan Komisi DPR: Pertanian, Energi, hingga Pertahanan

Mochamad Zhacky - detikNews
Gerindra Incar 4 Pimpinan Komisi DPR: Pertanian, Energi, hingga Pertahanan Gedung DPR (Antara Foto/Galih Pradipta)
Jakarta - Fraksi Gerindra DPR RI dipastikan akan mendapat posisi dua pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD), termasuk komisi. Anggota Fraksi Gerindra DPR Ahmad Riza Patria menyebut fraksinya ingin jabatan pimpinan di sejumlah komisi, di antaranya IV, VII, dan I.

"Ya bisa, kita juga pengin di IV, pengin kalau bisa di VII ya, pengin juga kalau bisa di I, pengin juga di III kalau bisa. Ya nanti dilihat," kata Riza di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Komisi IV membidangi pertanian dan perikanan, sedangkan Komisi VII meliputi bidang energi serta riset dan teknologi. Adapun Komisi I membahas soal pertahanan hingga urusan luar negeri dan Komisi III membidangi urusan hukum.



Riza menuturkan keinginan Gerindra memimpin sejumlah komisi itu disesuaikan dengan visi-misi partai. Dia menyebut Gerindra ingin Indonesia berdaulat di bidang pangan, air, energi, dan pertahanan.

"Pertama, pertanian, kedaulatan pangan, ya kan. Kedua, pertahanan; ketiga, energi; keempat, air, gitu kan. Kelima pemerintahan yang kuat atau di politik, gitu loh," papar Ketua DPP Gerindra itu.

Ahmad Riza Patria / Ahmad Riza Patria (Lamhot Aritonang/detikcom)


Diberitakan sebelumnya, Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut partai tempatnya bernaung mengincar kursi pimpinan AKD yang langsung bersentuhan dengan rakyat. Wakil Ketua DPR itu mengatakan pemilihan komisi merupakan amanat dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Kalau Gerindra itu masih dibicarakan di fraksi. Mungkin hari ini baru diputuskan. Gerindra mau ngambil komisi mana dan AKD mana. Belum diputuskan. Karena baru kemarin sore Pak Muzani dan fraksi rapat konsultasi dengan Ketum Pak Prabowo," ungkapnya.



Gerindra sendiri dipastikan mendapatkan dua kursi pimpinan AKD. Partai berlambang burung garuda itu juga dipastikan menduduki sembilan kursi wakil ketua AKD.


Simak juga video "Gerindra Dapat Kursi di Kabinet?, Puan: Hak Prerogatif Presiden" :

[Gambas:Video 20detik]


(zak/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com