detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 02:00 WIB

Hingga Tengah Malam, Gempa Masih Terjadi di Ambon

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Hingga Tengah Malam, Gempa Masih Terjadi di Ambon Ilustrasi gempa (Foto: Zainal Abidin)
Jakarta - Gempa bumi masih terjadi di Ambon, Maluku, hingga tengah malam. Gempa terakhir yang dirasakan berkekuatan magnitudo (M) 2,1.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa terjadi di timur laut Ambon pukul 00.02 WIB. Kedalaman gempa berada pada 10 kilometer.

"Pusat gempa di laut 5 km utara Ambon," tulis BMKG di akun Twitter-nya, Selasa (8/10/2019).



Titik koordinat gempa berada di 3,67 derajat Lintang Selatan dan 128,18 derajat Bujur Timur. Gempa dirasakan pada skala MMI III di Ambon yang artinya getaran dirasakan nyata di dalam rumah seperti ada truk melintas.

Beberapa jam sebelumnya, gempa berkekuatan M 1,8 terjadi di barat laut Ambon pada Senin (7/10) pukul 23.31 WIB. Gempa dirasakan dalam skala II MMI di Ambon yang artinya getaran dirasakan beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.



Lima belas menit sebelumnya atau pukul 23.17 WIB, gempa berkekuatan M 1,6 terjadi di timur laut Ambon. Gempa ini juga dirasakan dalam skala II MMI di Ambon.

Sekitar pukul 23.02 WIB, gempa terjadi di timur laut Ambon dengan M 2,6. Gempa ini dirasakan dalam skala III MMI di Ambon. Sementara itu pada pukul 21.27 WIB gempa berkekuatan M 3 terjadi di selatan Kairatu, Seram Bagian Barat, Maluku.

Belum diketahui dampak gempa tersebut.





Simak video Desmond Sindir Wiranto: Pengalamannya Semua Rugikan Negara!:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com