Jalur Sepeda di DKI Belum Steril, Polisi Siap Tindak Pelanggar

Jalur Sepeda di DKI Belum Steril, Polisi Siap Tindak Pelanggar

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Sabtu, 05 Okt 2019 12:11 WIB
Ilustrasi (Foto: Rengga Sancaya)
Ilustrasi (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Jalur sepeda di DKI Jakarta masih belum steril. Polisi siap menindak para pelanggar yang masuk ke jalur sepeda.

"Iya, pelanggaran itu masih ada. Namanya pelanggar. Pelanggar itu kan mencari celah. Tapi kan walaupun melanggar, ada sanksi. Ketika sanksi sudah diberikan, proses hukumnya ada," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir di Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen DPR-MPR RI, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).



Nasir mengatakan penindakan akan dilakukan jika jalur sepeda sudah permanen. Menurut Nasir, polisi bisa menindak warga yang tidak mematuhi aturan tersebut.

"Kalau jalur sepeda kalau sudah permanen, nanti kan dilengkapi rambu dan marka, sepanjang rambu dan marka itu mempunyai kekuatan tubuh tetap, polisi bisa melakukan tindakan ke pelanggaran yang tidak sesuai dengan rambu tersebut. Misalnya apa? Sudah dipasang rambu, merupakan jalur khusus untuk sepeda, lalu ada pemasangan markanya, garisnya, dan sebagainya, maka ketika ada pelanggaran di luar sepeda, itu termasuk pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran maksimal dari denda sepeda itu Rp 500 ribu atau 2 dalam kurungan," ujar Nasir.

Dia menyampaikan sosialisasi mengenai jalur sepeda ini sudah dilakukan. Namun, sambung Nasir, masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki.

"Misalnya fase jalur jalan pemuda sudah selesai, jalan permukaan belum. Itu yang harus disesuaikan. Kalau itu memang jalur khusus dan tidak boleh dilintasi, harus difasilitasi dengan dipasang rambu," tuturnya.

Sebelumnya, Dishub DKI akan melakukan patroli rutin di jalur sepeda. Petugas akan menegur pengendara kendaraan bermotor yang masuk ke jalur sepeda. Mereka diminta untuk keluar dan menaati peraturan.

"Kemudian hari Minggu itu saya langsung menugaskan jajaran Dishub, anggota saya itu melakukan patroli rutin. Jadi mulai sekarang kita ada patroli rutin di jalur sepeda tadi setiap 3 jam itu akan ada anggota Dishub patroli dengan sepeda," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat dihubungi, Senin (23/9).




Simak juga video Pemprov DKI Siapkan 63 Km Jalur Sepeda di Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(knv/idh)