detikNews
2019/10/03 15:17:23 WIB

Pendapatannya Bikin Takjub, Ini Ongkos 'Modal' untuk Jadi Anggota DPR

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 4
Pendapatannya Bikin Takjub, Ini Ongkos Modal untuk Jadi Anggota DPR Anggota DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Anggota DPR periode 2019-2024 telah dilantik. Total gaji dan tunjangan mereka tentu saja gede menurut ukuran kocek rata-rata rakyat Indonesia. Namun untuk mencapai kursi Senayan, mereka juga butuh modal yang gede.

Pramono Anung pernah menulis buku 'Mahalnya Demokrasi, Memudarnya Ideologi'. Dia menjelaskan public figure bisa menghabiskan Rp 200 hingga 800 juta, aktivis parpol bisa menghabiskan Rp 500 juta sampai Rp 2 miliar, dan seorang pengusaha bisa menandaskan RP 6 miliar. Semua itu untuk biaya kampanye supaya bisa menjadi anggota DPR.



Tapi itu adalah potret dari tahun 2013, enam tahun yang lalu. Kini zaman sudah berubah, harga-harga kebutuhan semakin naik, biaya kampanye juga sudah berlipat. Kami mewawancarai sejumlah anggota DPR 2019-2024 untuk tahu hal ini.

"Keterangan Pramono Anung sudah nggak representatif lagi, sudah tidak relevan lagi. Biaya alat peraga sudah lebih mahal daripada 2013," kata anggota DPR yang baru saja dilantik, Andre Rosiade, kepada wartawan, Kamis (3/10/2019).



Andre adalah anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat I (Kota Padang). Dia meraskaan biaya paling besar adalah biaya merawat konstituen.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com