detikNews
Kamis 03 Oktober 2019, 13:34 WIB

Wabup Bogor Ingin Cek Status Imigran yang Bermukim di Puncak

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Wabup Bogor Ingin Cek Status Imigran yang Bermukim di Puncak Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Bogor - Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan bakal berkoordinasi untuk memastikan status imigran Timur Tengah yang banyak bermukim di kawasan Puncak, Bogor.

Iwan mengatakan penanganan imigran merupakan kewenangan imigrasi. Pemkab, menurutnya, menunggu langkah pihak imigrasi.

"Kadang-kadang di imigrasi juga pada sungkan kalau mengambil langkah rekomendasi. Jadi kurang berani gitu, saya kan minta imigrasi tegas. Imigrasi juga mungkin kadang mendapat intervensi dari luar karena ini permasalahan dunia. Jadi kita (pemkab) kadang seperti tumpul," kata Iwan.


Pemkab Bogor diakui Iwan juga memiliki tanggung jawab untuk mengatasi imigran di Puncak. Namun, untuk penindakan imigran bermasalah, menurut Iwan, harus dikoordinasikan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Banyak imigran yang buka usaha di Puncak, contohnya tukang cukur. Lalu ada travel agent, yang membuat jenuh travel agent lokal. Selain tukang cukur dan travel agent, ada juga vila, rumah makan. Semua usaha itu banyak yang dilakukan imigran atau turis," ujarnya.

Saat ini Pemkab Bogor mempelajari perizinan orang Timur Tengah di Puncak. Sebab, banyak dari mereka yang mendirikan usaha dan bekerja.

"Saya nanti akan mengundang semua pihak untuk mengecek para imigran ini. Kalau memang tidak berizin, ya, ditutup dan harus melindungi usaha warga lokal," kata Iwan.
(fdn/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +