detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 22:39 WIB

PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. Bamsoet)
Jakarta - PDIP menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari F-Golkar untuk mengisi kursi Ketua MPR. Dukungan itu diberikan atas arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Ketua F-PDIP MPR Ahmad Basarah kepada wartawan, Rabu (2/10/2019).

Menurut Basarah, dukungan kepada Bamsoet diambil dengan pertimbangan demokrasi di mana parpol pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol lainnya. Meski PDIP menjadi pemenang pemilu dan telah mendapatkan kursi Ketua DPR, Basarah menyebut PDIP bukan partai yang mengambil semua kursi.
"PDIP meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila bukanlah the winner takes (it) all (pemenang pemilu mengambil semua), sehingga kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan," jelasnya.

Meski demikian, dukungan PDIP kepada Bamsoet dan Partai Golkar bukan tanpa syarat. Basarah menyebutkan sejumlah syarat yang diberikan PDIP kepada Golkar dalam pertemuan pimpinan fraksi MPR siang tadi.
PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPRAhmad Basarah (Tsarina Maharani/detikcom)
"PDI Perjuangan meminta agar pemilihan Ketua MPR harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat serta sedapat mungkin menghindari voting. PDI Perjuangan mempersilakan Fraksi Partai Golkar untuk melobi parpol lain agar mendukung pemilihan secara musyawarah mufakat," ungkap Basarah.
Selain itu, PDIP meminta Bamsoet dan Golkar berkomitmen menjaga kepastian jalannya pemerintahan Jokowi sesuai konstitusi sampai akhir masa jabatan 2024. Tak ketinggalan, syarat mendukung amendemen UUD 1945 untuk menghadirkan kembali GBHN juga diberikan kepada Bamsoet.

"PDI Perjuangan juga meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk hadirkan Haluan Negara melalui Ketetapan MPR. Kemudian melanjutkan dengan sungguh-sungguh program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang digagas pada awalnya oleh HM Taufiq Kiemas serta mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas-tugas pembinaan ideologi bangsa," ucapnya.
Seluruh agenda itu, disebut Basarah, sudah menjadi rekomendasi dari MPR 2014-2019 kepada MPR 2019-2024. Ia mengatakan syarat kepada Bamsoet dan Golkar itu mendapat respons yang baik.

"Syarat-syarat dukungan itulah yang telah kami sampaikan kepada Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar dan disambut dengan baik oleh Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar," pungkasnya.
(azr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com