detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 19:15 WIB

Anggota DPR Punya Istri 3, Begini Aturan Poligami dalam Islam

Tim detikcom - detikNews
Anggota DPR Punya Istri 3, Begini Aturan Poligami dalam Islam Poligami dalam Islam, seperti apa aturannya? Foto ilutsrasi: detik
Jakarta -

Isu poligami ramai dibicarakan usai foto Achmad Fadil Muzakki Syah atau akrab disapa Lora Fadil yang membawa serta tiga istrinya saat pelantikan anggota DPR RI periode 2019 - 2024 di Senayan Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019 kemarin viral di media sosial. Lora Fadil adalah anggota DPR terpilih dari Partai Nasdem di Dapil Jawa Timur III, yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Bondowoso.

Seperti apa aturan poligami dalam Islam?

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pustaka dan Informasi Dadang Kahmad dalam wawancara dengan detikcom pada Sabtu, 15 Desember 2018 mengatakan bahwa ajaran poligami ada dalam Al Quran.

"Jadi poligami itu kan ada dalam Al Quran, bagi orang-orang yang dalam keadaan tertentu, dalam keadaan emergency (darurat), atau dalam keadaan dulu di mana disebutkan untuk menyantuni anak yatim," kata Dadang.



Seorang laki-laki biasanya memang memiliki satu istri. Namun, dalam keadaan tertentu dan istri pertama mengizinkan dan meridai, maka poligami dibolehkan. "Daripada misalnya berbuat zina, seumpama istrinya sudah tidak bisa melayani dan lain sebagainya," tuturnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, poligami tidak dilarang. Namun harus diingat bahwa syaratnya tidak mudah. Salah satunya adalah izin dari istri pertama.

"Syaratnya tidak mudah. Harus ada izin istri. Ada istri mau kasih izin suaminya kawin lagi?. Kan sulit, itu pun ada syaratnya lagi. Katakanlah anaknya tidak ada. Atau dia sakit istrinya. Jadi poligami itu legal dengan syarat," kata JK.

Imam besar Al Azhar, Ahmed al-Tayeb, menyebut poligami acap kali dipraktekkan karena pemahaman yang salah terhadap Al Quran. Dia menegaskan bahwa monogami adalah keharusan dan poligami adalah pengecualian. "Siapa pun yang menyebut bahwa pernikahan harus poligami adalah salah," kata dia seperti dikutip dari BBC Word.

Al Quran, dia menambahkan, menyebut bahwa bagi seorang pria muslim yang memiliki banyak istri, dia harus bisa bersikap adil. Jika tidak bisa adil maka dilarang untuk memiliki banyak istri atau poligami.

Di dalam Al Quran surat An Nisaa ayat 3 Allah Subhanahu Wa Taala berfirman:

"Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya."




(erd/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com