detikNews
Selasa 24 September 2019, 15:22 WIB

Diguyur Hujan Deras, Aksi Mahasiswa Tolak RUU KUHP di Sumsel Jalan Terus

Raja Adil Siregar - detikNews
Diguyur Hujan Deras, Aksi Mahasiswa Tolak RUU KUHP di Sumsel Jalan Terus Demo mahasiswa di Sumsel diguyur hujan deras, namun tetap lanjut. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Aksi mahasiswa di Palembang yang menolak RUU KUHP terus berlanjut di Jalan POM IX. Bahkan aksi berlanjut meski diguyur hujan deras.

Pantauan detikcom, aksi mahasiswa mulai digelar pada pukul 10.00 WIB, Selasa (24/9/2019). Terlihat pula ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Palembang turun ke jalan.


Mahasiswa aksi tampak sempat terbagi menjadi dua, ada yang dari sisi kanan dan sisi kiri pintu utama kantor DPRD Sumsel. Sementara di tengah, terlihat ada polisi dan berseragam lengkap mengawal aksi.

Sekitar pukul 13.00 WIB, massa aksi mencoba masuk ke halaman kantor DPRD di Jalan POM IX. Namun mereka tidak dapat masuk karena di dalam sedang ada pelantikan anggota DPRD Sumsel periode 2019-2024.

Mahasiswa kemudian bentrok dan polisi melepaskan tembakan air mata. Kayu dan batu terlihat melayang di atas kepala polisi dan mahasiswa.


Tidak lama ricuh, terlihat dari kerumunan polisi dan mahasiswa keluar mengalami luka di kepala. Polisi kemudian mencoba memukul mundur mahasiswa dengan 3 mobil water canon dan polisi bertameng.

Hanya 5-10 menit ricuh, situasi kembali normal. Mahasiswa kembali berorasi di tengah Jalan POM IX.

Di tengah orasi penolakan, tiba-tiba hujan deras pun turun mengguyur Bumi Sriwijaya. Meski demikian, mahasiswa tetap bertahan dan berorasi.


Dalam orasinya, mahasiswa menolak RUU KUHP yang akan disahkan DPR di Jakarta. Aksi mahasiswa itu juga disebut sebagai bentuk solidaritas mahasiswa mendukung gerakan yang ada di Senayan dan di Pulau Jawa.

"Ini aksi solidaritas, aksi kepedulian kami mahasiswa di Sumatera Selatan terharap nasib bangsa ini. Tuntutan mahasiswa di sini sama dengan teman-teman di Jakarta dan di Jawa," tegas Presiden Mahasiswa Universitas Sriwijaya, Nikmatul Hakiki.

"Kami akan bertahan di sini, tidak peduli hujan atau panas," katanya tegas.
(ras/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com