detikNews
2019/09/23 23:52:56 WIB

Hujan Buatan Guyur Beberapa Daerah Sumatera-Kalimantan, Hotspot Berkurang

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hujan Buatan Guyur Beberapa Daerah Sumatera-Kalimantan, Hotspot Berkurang Hujan hasil teknologi modifikasi cuaca turun di Sumatera dan Kalimantan (Foto: dok. BNPB)
Jakarta - Hujan hasil teknologi modifikasi cuaca (TMC) turun di sejumlah daerah. Hujan buatan ini membuat titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berkurang.

"Hampir merata di Riau di guyur hujan," kata Plt Kapusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Dia mengatakan pada pukul 15.45 WIB, pesawat Cassa dan Hercules dengan membawa garam dan kapur di wilayah timur, tenggara, dan selatan hingga berbatasan Jambi. Pesawat diterbangkan dalam 2 sorti (pemberangkatan). Di Riau, hujan sempat turut di Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Siak, Pekabaru, dan Pelalawan.


Sejumlah hotspot di Sumatera dan Kalimantan berkurang setelah hujan buatan turunSejumlah hotspot di Sumatera dan Kalimantan berkurang setelah hujan buatan turun (Foto: dok. BNPB)

Sementara itu, di Jambi, pesawat Hercules membawa 4 ton kaput tohor. Hujan turun di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. Sedangkan di Sumatera Selatan, hujan lebat mengguyur daerah Sekayu,Kabupaten Musi Banyuasin. Hujan hampir sejam di Desa Manggar Raya, Kecamatan Tanjung Lago, Banyuasin.

Di Kalimantan Barat, hujan sudah mengguyur Kota Bengkayang, Kota Mempawah, dan Kota Pontianak. Hujan juga turun di Kalimantan Selatan di Kabupaten Tanah Bumbu, dan Banjarmasin.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +