detikNews
2019/09/23 22:18:28 WIB

Bantu Amankan Demo Besok, 551 Brimob Polda Lampung Menyeberang ke Jakarta

Mei Amelia R - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bantu Amankan Demo Besok, 551 Brimob Polda Lampung Menyeberang ke Jakarta Kapolda melepas personel Brimob Polda Lampung ke Jakarta (Foto: dok. Istimewa)
Lampung - Polda Lampung mengerahkan personel Brimob ke Jakarta sore tadi. Personel akan diperbantukan untuk mengamankan aksi demo di Jakarta yang diperkirakan akan berlanjut hingga Selasa (24/9) besok.

Ratusan personel Brimob ini dilepas oleh Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto pada pukul 16.00 WIB, Senin (23/9). Pelepasan dilaksanakan di Lapangan Satuan Brimob Polda Lampung.

"Sebanyak 551 personel Brimob Polda Lampung yang dipimpin langsung oleh Dansat Brimob Kombes Doniyar Kusumaji diberangkatkan BKO ke Polda Metro Jaya dan bergabung dengan personel Brimob lainnya dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa yang terjadi di Jakarta," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Dalam upacara pelepasan tersebut, Kapolda mengamanatkan kepada personel Brimob untuk berkoordinasi dengan satuan kepolisian setempat. Personel juga diimbau menjaga nama baik Polda Lampung.

"Kemudian tadi yang terpenting, Pak Kapolda mengamanatkan agar anggota dalam menangani aksi unjuk rasa mengedepankan humanisme," kata Pandra.

Anggota juga diimbau tidak terprovokasi. Personel juga diwanti-wanti untuk memedomani peraturan-peraturan dalam mengambil tindakan, seperti Perkap No 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian, Perkap No 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian RI, dan Perkap No 2 Tahun 2019 tentang Penindakan Huru-hara.





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com